PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR

Sumarti Sumarti, Pargito Pargito, Trisnaningsih Trisnaningsih

Abstract


This research was aimed to know that using of audio visual media could increase motivation and learning outcome of history by using Inquiry learning model. Method which used in this research was PTK it was consist of three cycles, each cycles has planning, implementation, observation and reflection. Result of this research showed that there was an increasing on: (1) students motivation to learn, which 56,25% on 1st cycle, 74,19% on 2nd , and 90% on 3rd cycle; (2) students learning outcomes in cognitive aspect increased from average value 69,53 on 1st cycle, 73,71 on 2nd cycle, 80,66 on 3rd cycle, in affective aspect was 56,25% on 1st cycle,74,19% on 2nd cycle, 90% on 3rd cycle, in psychomotor aspect increased from average value 70,08 on 1st cycle, 75,18 on 2nd cycle,and 80,59 on 3rd cycle. Implication, based on research was audio visual media could increase learning motivation and the increasing of learning motivation could increase leraning outcome.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar dengan model pembelajaran inquiry. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK yang terdiri dari tiga siklus, setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada: (1) motivasi belajar siswa, yaitu sebesar 56,25% pada siklus I, 74,19% siklus II, dan 90% siklus 3; (2) hasil belajar siswa ranah kognitif meningkat dari nilai rata-rata 69,53 siklus I, 73,71 siklus II, dan 80,66 siklus III, ranah afektif, meningkat dari 56,25% siklus I, 74,19 siklus II, dan 90% siklus III, ranah psikomotor meningkat dari nilai rata-rata 70,08 siklus I, 75,18 siklus II, dan 80,59 siklus III. Implikasi, berdasarkan hasil temuan adalah penggunaan media audio visual dapat meningkatkan motivasi belajar, dan peningkatan motivasi belajar dapat meningkatkan hasil belajar.

Kata kunci: hasil belajar, media audio visual, motivasi belajar


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, Supardi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Perkasa.

Dimyati, Mudjiono . 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Haryati, Mimin. 2007. Model dan Teknik Penilaian pada Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada.

Kunandar. 2012. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sardiman, A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Supriyanto. 2007. Pendidikan Orang Dewasa dari Teori hingga Aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Uno,Hamzah B. 2013. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjss.v2i4.7646

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia