PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MEMBENTUK KARAKTER BELAJAR

Meri Susanti, Darsono Darsono, M. Thoha B.S. Jaya

Abstract


This classroom action research aims to describe the character of the students, student is learning outcomes, and the relationship of the characters with learning outcomes. The method used is a classroom action research conducted by three cycles to improve student learning outcomes and form the character of students. The results in cycle 1, the character of the students reached 75.5% in the category of character, student learning outcomes reached 55.5% that is not in accordance with the criteria and class completeness of 8 new characters indicator reached 4 indicators and 4 indicators has not been achieved. In cycle 2 characters 68.05% of students achieved with character of category, student learning outcomes reached 72.2% that is not in accordance with the criteria and class completeness of 8 new characters indicator reached 6 indicators and 2 indicators has not been achieved in cycle 3, the character of the students achieve 84.7% to the category of character, student learning outcomes was 94.4%.

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakter siswa, hasil belajar siswa, dan hubungan karakter dengan hasil belajar. Metode yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan 3 siklus untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan membentuk karakter siswa. Hasil penelitian pada siklus 1, karakter siswa mencapai 75,5% dengan kategori berkarakter, hasil belajar siswa mencapai 55,5% sehingga belum sesuai dengan kriteria ketuntasan kelas dan dari 8 indikator karakter baru tercapai 4 indikator dan 4 indikator belum tercapai. Pada siklus 2 karakter siswa mencapai 68,05% dengan kategori berkarakter, hasil belajar siswa mencapai 72,2% sehingga belum sesuai dengan kriteria ketuntasan kelas dan dari 8 indikator karakter baru tercapai 6 indikator dan 2 indikator belum tercapai Pada siklus 3, karakter siswa mencapai 84,7% dengan kategori berkarakter, hasil belajar siswa mencapai 94,4%.

Kata kunci: hasil belajar, media audio visual, karakter


Full Text:

PDF

References


Aunillah, Nurla Isna. 2011. Panduan Menerapkan Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogjakarta: Laksana.

Baharudin dan Wahyuni Esa Nur. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Dimyati & Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik. 2007. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Jamaludin. 2011. Pentingnya Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Kejuruan. (Online). Tersedia:http://jamaludin270790.blogspot.com/2011/03/ makalah-pendidikan-karakter-siswa-smk.html. (diakses pada 27 Juli 2014).

Jogiyanto. 2006. Filosofi, Pendekatan, dan Penerapan Pembelajaran Metode Kasus. Yogyakarta: Andi Offset.

Juwita Sari, Ratna. 2012. Media Pembelajaran Audio Visual dalam Pelajaran Sejarah. (Online). Tersedia: http://ratnajuwitasari08.blogspot.com/2012/12/media-pembelajaran-audio-visual-dalam.html. (diakses pada 21 Juli 2014).

Pargito. 2011. Penelitian Tindakan Bagi Guru dan Dosen. Bandar Lampung: Anugrah Utama Raharja.

Prayitno dan Belferik Manulang. 2010. Pendidikan Karakter dalam Pembangunan Bangsa. Sumatera Utara: Penerbit Pascasarjana Universitas Negeri Medan.

Suryabrata. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sadiman. 1984. Media Pendidikan; Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatan. : Jakarta: Rajawali Pers.

Wardahani, IGAK. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjss.v2i4.7606

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia