PENGEMBANGAN MODEL SIMULASI BREAK PICTURE BERBASIS NILAI PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Abstract
The purpose of this research is to develop a Break Picture Simulation Models -Based Value, intended to attract learners in the Citizenship improvement learning; by blending simulation method with picture and picture model that has been modified to break picture. The selected Picture is a Picture Media -based value, so its called Break Picture Simulations model-based value. Research methods using Research and Development (R and D). The development of research product design model, materials and media. The results showed ttest, of significance 5%, by techniques before and after: 20.880; when compared with ttab after the interpolation 2.002, it's seen ttes>ttab. Comparison with the control class, of significance 5%, indicates ttes 5,971; when compared with ttab after interpolated 2.002, then seen ttes>ttab. by effectiveness of models is Gain 2.00; or 1, 48 x conventional.
Tujuan penelitian ini mengembangkan Model Simulasi Break Picture Berbasis Nilai, dimaksudkan untuk menarik minat siswa dalam peningkatan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan; dengan memadukan metode simulasi dan model picture and picture yang dimodifikasi menjadi break picture. Media Picture yang dipilih, berbasis Nilai; disebut model Simulasi Break Picture Berbasis Nilai. Metode penelitian menggunakan Research and Development (R and D). Produk penelitian pengembangan ini yaitu model desain, bahan ajar dan media. Hasil penelitian menunjukkan Perhitungan ttes, taraf signifikansi 5%, dengan teknik before and after; menunjukkan ttes = 20,880; jika diperbandingkan dengan ttab setelah diinterpolasi 2,002; maka terlihat ttes > ttab. Perbandingan dengan Kelas Kontrol, taraf signifikansi 5%, menunjukkan ttes = 5.971; jika diperbandingkan dengan ttab setelah diinterpolasi 2,002; terlihat ttes > ttab; dengan efektivitas model yaitu Gain 2,00; atau 1, 48 x Konvensional.
Kata kunci: model, pendidikan kewarganegaraan, simulasi break picture
Full Text:
PDFReferences
Chaeruman. Uwes A. 2009. Penelitian Pengembangan. http: // tpers. net/2009/07/ penelitian pengembangan/Diakses Minggu, 4 /11/2012. Jam 08. 15 WIB.
Hamalik, Oemar. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hergenhahn, B. R & Matthew H. Olson. 2010. Theories of Learning, Edisi Ketujuh. Jakarta: Kencana.
Kemdikbud. 2013. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMA/SMK Untuk Guru. Jakarta: Pusat Pengembangan Profesi Pendidik Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan Dan Kebudayaan Dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kemdikbud.
Nurhidayati. 2013. Metode Pembelajaran. nurhydanur@yahoo.com. Universitas Negeri Yogyakarta. Pdf. Diakses Minggu 4 /11/ 2012. Jam 08. 03. WIB.
Pribadi, Benny A. 2009. Model Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prodi TP PPS UNJ.
Sagala, Syaiful. 2012. Konsep Dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Grup.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alphabeta.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, trategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.
Trianto. 2012. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya.
Uno, Hamzah B. 2006. Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjss.v2i3.7570
Refbacks
- There are currently no refbacks.
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia