PEMBELAJARAN IPS DENGAN MODEL INKUIRI SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN BERPIKIR KRITIS

Fauziyah Fauziyah, Sudjarwo Sudjarwo, Pargito Pargito

Abstract


This research aims to enhance creativity and critical thinking of students in the learning of Social Sciences (IPS) using social inquiry learning model. The method used in this research is the Classroom Action Research (CAR), which consists of three cycles, each cycle consisting of planning, implementation, observation and reflection. With Social Inquiry models applied in the learning process IPS that emphasizes the process of searching for and finding their own answers to the problems in question in an attempt to understand the subject matter as well as enhancing creativity and critical thinking. Data collection technique is using questionnaires and observation techniques. The results showed an increase in: (1) creativity of student learning, the indicator reached the second cycle as well as the third cycles, which the result is better, (2) How critical thinking of students in the second cycle of the indicator has been reached in the third cycles of increasing and > 75%.

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kreatifitas dan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri sosial.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus, setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dengan model Inkuiri Sosial yang diterapkan dalam proses pembelajaran IPS yang menekankan pada proses mencari dan menemukan sendiri jawaban atas suatu masalah yang dipertanyakan sebagai upaya memahami materi pelajaran serta meningkatkan kreativitas dan berpikir kritis.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada : (1) kreatifitas belajar siswa, indikator tercapai pada siklus kedua begitupun pada siklus tiga hasilnya semakin baik, (2) Cara berfikir kritis peserta didik pada siklus kedua indikatornya juga sudah tercapai selanjutnya siklus tiga semakin meningkat dan > 75 %.

Kata kunci : berpikir kritis, inkuiri sosial, kreativitas, model pembelajaran


Full Text:

PDF

References


Ngalimun. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Pargito, 2010. Dasar-Dasar IPS. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran, Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenada Media Group. Jakarta.

Trianto. 2007. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Penerbit Kencana Pranada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjss.v2i4.7566

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia