MEDIA PEMBELAJARAN SURAT KABAR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI, AKTIVITAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI

Erliza Septia Nagara, Adelina Hasyim, M. Thoha B.S. Jaya

Abstract


This research aims to determine the utilization of instructional media newspapers effect in increasing motivation and activities on learning achievement economics. The method is ex post facto. Hypothesis was analized using path analysis.The results showed that there was a significant effect of: (1) utilization instructional media newspapers on motivation; (2) utilization instructional media newspapers on activity; (3) motivation on learning achievement; (4) activities on learning achievement; (5) utilization instructional media newspapers on learning achievement; (6) utilization instructional media newspapers and motivation on learning achievement; (7) utilization instructional media newspapers and activities on learning achievement.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pemanfaatan media pembelajaran surat kabar dalam meningkatkan motivasi dan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar. Metode yang digunakan adalah ex post facto. Pengujian hipotesis menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan: (1) pemanfaatan media pembelajaran surat kabar terhadap motivasi; (2) pemanfaatan media pembelajaran surat kabar terhadap aktivitas; (3) motivasi terhadap prestasi belajar Ekonomi; (4) aktivitas terhadap prestasi belajar Ekonomi; (5) pemanfaatan media pembelajaran surat kabar terhadap prestasi belajar Ekonomi; (6) pemanfaatan media pembelajaran surat kabar dan motivasi terhadap prestasi belajar; (7) pemanfaatan media pembelajaran surat kabar dan aktivitas terhadap prestasi belajar

Kata kunci: aktivitas, media pembelajaran, motivasi, prestasi belajar


Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah dan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Falidan, Ahmad. 2009. Surat Kabar Sebagai Media Pembelajaran Dalam Upaya Peningkatan Pemahaman Menanggapi Peristiwa. Online, http://sdnjlamprang.blogspot.com/2009/11/surat-kabar-sebagai-media-pembelajaran.html Diakses tanggal 23 November 2013

Idris, Jamaluddin. 2005. Analisis Kritis Mutu Pendidikan. Yogyakarta: Suluh Press.

Junaidi, Wawan. 2010. Cara Meningkatkan Aktivitas Belajar. Online. http://wawan-junaidi.blogspot.com/2010/07/aktivitas-belajar-siswa.html diakses Tanggal 21 Agustus 2013

Rohani, 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Rusman, 2011. Model-Model Pembelajaran. Bandung: Rajawali Pers.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Uno, B. Hamzah. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjss.v2i3.7459

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia