DIMENSI KARAKTER DALAM KEGIATAN PRAMUKA

Heri Usmanto, Pargito Pargito, Darsono Darsono

Abstract


This study aims to determine how the dimensions of the students character is formed in scouting activaties. This study used a qualitative approach, the case study method. Methods of data collection used interviews, observation and documentation. The results of this study indicate that the dimentions of character in the scout can form the attitudes of students: (1) the scouts form the students devotion, (2) the scouts will form the students discipline, (3) the scouts form the students honesty, (4) the scouts will form the students independence, (5) the scouts form the students responsible, (6) the scouts form the courtesy and etiqutte and manners of students.

Penelitian ini bertujuan, untuk mengetahui bagaimana dimensi karakter siswa terbentuk dalam kegiatan kepramukaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode case study. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dimensi karakter dalam kegiatan pramuka dapat membentuk sikap siswa yaitu: (1) Kegiatan pramuka membentuk ketaqwaan siswa, (2) Kegiatan pramuka membentuk kedisiplinan siswa, (3) Kegiatan pramuka membentuk kejujuran siswa, (4) Kegiatan pramuka membentuk kemandirian siswa, (5) Kegiatan pramuka membentuk tanggung jawab siswa, (6) Kegiatan pramuka membentuk sopan santun dan tata krama serta budi pekerti siswa.

Kata kunci: karakter, kualitatif, pendidikan kepramukaan


Full Text:

PDF

References


Dahlia, Irma. 2014. Optimalisasi Pendidikan Karakter Dengan Metode Pembiasaan. Bandar Lampung: FKIP Universitas Lampung.

Fajri dan Senja. 2007. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Jakarta: Difa Publisher.

Megawangi, Ratna. 2009. Pendidikan Karakter. Jakarta Timur: Indonesia Heritage Foundation.

Moleong, Lexy, J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Rosdakarya.

Nawawi, Hadari. 2001. Administrasi Sekolah. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Poerwodarminto 1985. Kamus Umum Bahasa Indonesia, Balai Pustaka. Jakarta

Rachman, M. 1999. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.

Sauri, Sofyan.2006. Pendidikan Berbahasa Santun. Bandung: PT Genesindo.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparina, Yeni. 2013. Persepsi Siswa Terhadap Pemakaian Atribut Pramuka Tanpa Latihan di SMA Negeri 1 Negeri Besar Kecamatan Kabupaten Way Kanan Tahun Pelajaran 2012/2013. Bandar Lampung: FKIP Universitas Lampung.

Wicaksono FS. 2014. Tanggung Jawab Pemegang Saham Direksi dan Komisaris. Jakarta: Visi Media.

Winkel, W.S & Hastusti Sri. 2006. Bimbingan dan Konseling. Yogjakarta: Media Abadi.

Wiyani Novan Ardy. 2012. Pendidikan karakter dan kepramukaan. Yogyakarta: Citra Aji Panama.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjss.v2i3.6316

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia