PENINGKATAN BERPIKIR KRITIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PORTOFOLIO PADA PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Dwipa Fredy Putri, Raden Gunawan Sudarmanto, Irawan Suntoro

Abstract


Classroom action research aims to determine the planning and implementation of civic education using portofolio learning model and observation of students' critical thinking. Data collection techniques obtained from observation, field notes, test sheets, and camera. Processing techniques and data analysis using descriptive analysis. The results of cycle I using newspaper media showed activities of teachers and students' critical thinking in the unfavorable category. Cycle II using newspaper media, and Internet also shows yet reached the expected indicators on students' critical thinking. Cycle III there is increase on students' critical thinking using newspaper media, internet and related officials in using portofolio learning model. Students are able to analyze, correlate and evaluate all problem aspects, perform centering on issues, gather and organize information, verify information, determine the reason of answer, remembering and connecting with the previous study, draw conclusions, analyze and reflect on it naturally.

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan menggunakan model pembelajaran portofolio serta pengamatan berpikir kritis siswa. Teknik pengumpulan data diperoleh dari observasi, catatan lapangan, lembar tes, dan kamera. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian pada siklus I menggunakan media surat kabar menunjukkan kegiatan guru dan berpikir kritis siswa dalam kategori kurang baik. Siklus II menggunakan media surat kabar, dan internet juga menunjukkan belum mencapai indikator yang diharapkan pada berpikir kritis siswa. Siklus III terjadi peningkatan berpikir kritis siswa menggunakan media surat kabar, internet dan pejabat terkait dalam penggunaan model pembelajaran portofolio. Siswa sudah dapat menganalisis, menghubungkan dan mengevaluasi semua aspek permasalahan, melakukan pemusatan pada bagian permasalahan, mengumpulkan dan mengatur informasi, memeriksa kebenaran informasi,menentukan alasan dari jawaban,  mengingat dan menghubungkan dengan pembelajaran yang terdahulu, menarik kesimpulan, serta menganalisis dan merefleksinya secara alami.

Kata kunci: berpikir kritis, model pembelajaran portofolio, pkn


Full Text:

PDF

References


Achmad, Arief. 2007.Memahami Berpikir Kritis. (Online), (http://researchengines.com /1007arief3.html), diakses 24 Mei 2012.

Elliot, John. 1991. Pembahasan PTK. (Online), (http://soloangsa.wordpress.com/2012/01/28)

Fisher, Alec. 2009. Berpikir Kritis (Sebuah Pengantar). Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.

Pargito. 2011. Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dan Dosen. Bandar Lampung: AURA.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Winataputra, U.S. dkk. 2009. Materi dan Pembelajaran PKn SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Yamin, Martinis. 2011. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjss.v2i2.5304

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia