MODEL INTERAKSI SOSIAL PERAN TEMAN SEBAYA DALAM PEMBENTUKAN NILAI KEPRIBADIAN SISWA
Abstract
The objectives of this research was to describe the social interaction peers role in forming the students’ personality value at school. The method used in this research was descriptive qualitative. The result showed that social interaction is important. The interaction among peers becomes the dominant influence in forming personality value. This is because adolescence is their time living in groups with teens who have aged peers. The models of interaction peers role in forming the personality value of students at school are togetherness strengthens friendship, friendship gives new informations, social support is obtained from peers, the importance of peers for teens, peers provide information to interact with the other peers, peer provides information to interact with peers, the solidarity of friendship with peers.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan interaksi social peran teman sebaya dalam pembentukan nilai kepribadian siswa di lingkungan sekolah. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini yaitu interaksi sosial merupakan hal penting. Interaksi antar teman sebaya menjadi pengaruh dominan dalam pembentukan nilai kepribadian. Hal ini dikarenakan, masa remaja merupakan masanya hidup berkelompok dengan remaja yang memiliki usia sebaya. Model interaksi peran teman sebaya dalam pembentukan nilai kepribadian siswa di lingkungan sekolah yaitu kebersamaan merekatkan pertemanan, pertemanan memberikan informasi-informasi baru, dukungan sosial yang didapat dari teman sebaya, pentingnya teman sebaya bagi remaja, teman sebaya memberikan informasi berinteraksi dengan teman yang lain, keakraban hubungan pertemanan dengan teman sebaya.
Kata kunci : kepribadian, model interaksi sosial, peran teman sebaya
Full Text:
PDFReferences
Muchlas & Harianto. 2012. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nawawi, Hadari. 1993. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadja Mada University Press.
Pargito. 2010. Dasar-dasar IPS. Bandar Lampung: FKIP Universitas Lampung.
Santrock. 2003. Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga.
Somantri. 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosda Karya.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjss.v2i2.5302
Refbacks
- There are currently no refbacks.
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia