PERBANDINGAN KOMPETENSI MELALUI MEDIA PRAKTIK BUKTI TRANSAKSI DAN LKS MEMPERHATIKAN KEMAMPUAN AWAL

Yuyun Oktafiyani, Raden Gunawan Sudarmanto, Tedi Rusman

Abstract


The research aims to determine the differences in the results of accounting competence learning students through the transaction receipt media and student worksheet(LKS). Transaction receipt method applien to the experimental class and the LKS media applied in control class. The results of thehypothesis test result that: (1) the experimental class hand an average (N-gain) greater than the control group; (2) the average (mean) of accounting competence in students who have low initial learning capabiliti using LKS.

Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil kompetensi akuntansi siswa melalui media pembelajaran bukti transaksi dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Metode bukti transaksi di terapkan pada kelas eksperimen dan media LKS diterapkan pada kelas kontrol. Hasil uji hipotesis diperoleh hasil bahwa: (1) Kelas eksperimen mempunyai rata-rata gain (N-Gain) yang lebih besar dibandingkan dengan kelompok kontrol; (2) terdapat perbedaan rerata (mean) kompetensi akuntansi pada siswa yang memiliki kemampuan awal rendah yang pembelajarannya menggunakan media bukti transaksi lebih tinggi dibandingkan yang pembelajarannya menggunakan media LKS.

Kata kunci: kemampuan awal, kompetensi akuntansi siswa, media bukti, media lks, transaksi


Full Text:

PDF

References


Depdiknas.2004. Pedoman Penggunaan Lembar Kegiatan Siswa dan Sekenario Pembelajaran Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum

Komaruddin. 2004. Ensiklopedia Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara

Nashir, H. 2004. Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal. Jakarta: Delia Press.

Syah, Muhibbin. 2006. Psikologi Belajar. Jakarta: Erlangga

Supriya. 2009. Perbedaan Prestasi Belajar Siswa Yang Menggunakan Media Lembar Kegiatan Siswa Dengan Media Modul Dalan Mata Pelajaran Ekonomi Di Kelas X Pada SMA Negeri 1 Marga Tiga Lampung Timur. Tesis. Bandar Lampung: Universitas Lampung

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Yuningsih, A. 2006. Analisis LKS Biologi SMP Kelas II Semester I Yang Digunakan SMP Negeri Di Kota Semarang. Skripsi. Semarang: UNNES.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjss.v2i1.4978

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia