PENGARUH PERSEPSI MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DAN MOTIVASI TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR

Wahidin Wahidin, Sudjarwo Sudjarwo, Eddy Purnomo

Abstract


The purpose of this study was to clarify the effect of students 'perceptions about the use of cooperative learning models NHT and students' motivation to learn IPS student creativity. This research method is a correlational descriptive. The results of the study indicate that students 'perceptions about cooperative learning model NHT has a positive influence and significant impact on the formation of students' learning creativity that is equal to 0216 > 0.211 at the significance level α = 0.05 level. Students' perceptions about cooperative learning model NHT has a positive influence and significant impact on the formation of student motivation is equal to 0.285 > 0.211 at the significance level α = 0.05 level. Students' perceptions about cooperative learning model NHT and student motivation has a positive influence and significant impact on student learning creativity that is equal to 0.196 > 0.115 at the significance level α = 0.05 level.

Tujuan penelitian ini adalah adalah untuk menjelaskan pengaruh persepsi siswa tentang model pembelajaraan kooperatif tipe NHT dan motivasi belajar siswa terhadap kreativitas belajar IPS siswa. Metode penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang model pembelajaran kooperatif tipe NHT mempunyai pengaruh positif, erat dan signifikan terhadap pembentukan kreativitas belajar siswa yaitu sebesar 0.216 > 0.211 atau t-hit > t-tabel pada taraf nyata α = 0.05. Persepsi siswa tentang model pembelajaran kooperatif tipe NHT mempunyai pengaruh positif, erat dan signifikan terhadap pembentukan motivasi belajar siswa yaitu sebesar 0,285 > 0.211 atau t-hit > t-tabel pada taraf nyata α = 0.05. Persepsi siswa tentang model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan motivasi belajar siswa mempunyai pengaruh positif, erat dan signifikan terhadap  kreativitas belajar siswa yaitu sebesar 0.196 > 0.115 atau f-hit > f-tabel pada taraf nyata α = 0.05. 

Kata kunci : kreativitas, motivasi, nht, pembelajaran kooperatif, persepsi


Full Text:

PDF

References


Amstrong, Gary & Philip, Kotler. 2002. Persepsi dan Pemikiran. Jilid 1, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo.

Chandra, Julius. 2000. Kreativitas Bagaimana Menanam Membangun dan Mengembangkannya. Yogyakarta: Kanisius.

Dalyono. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Drever J. 2010. Kamus psikologi. Jakarta: Bina aksara

Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hasibuan, Mudjiono. 2002. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Ibrahim, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.

Kagan. 2007. Cooperative Learning Structure. Numbered Heads Together, (Online),(http://Alt.Red/clnerwork/numbered.htm

Nur, Muhammad. 2005. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Siagian, Sondang P. 2002. Teori Motivasi dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sumiati, Asra. 2007. Metode Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Zoyce dan Weil. 1996. Models of Teaching, Second edition. New Jersey: Prentice Hall.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjss.v2i1.4967

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia