PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN TIPE STAD DAN PBI MEMPERHATIKAN MOTIVASI BERPRESTASI

Suyatno Suyatno, Sudjarwo Sudjarwo, Eddy Purnomo

Abstract


The problem in this study was to determine the differences of STAD cooperative learning methods compared with PBI type of cooperative learning methods in the social studies achievement.  The method used is quasi experiment by giving all treatments on two different classes. Analysis of the data is using a variant of the two lines with factorial design and analysis of effectiveness. The results of the study showed that there is no difference in social studies outcome between the STAD cooperative learning methods with PBI-type method on students, and there is interaction between the learning methods used on the level of achievement motivation of students towards learning outcomes. There is interaction between learning method to the learning outcomes, when considered in the third line is not parallel but intersect the blue line and the green line or cut brown line which states that there is an interaction between the three can be said to be significant.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dibandingkan dengan metode pembelajaran kooperatif tipe PBI dalam pencapaian hasil belajar IPS. Metode yang digunakan adalah ekperimen semu dengan memberikan semua perlakuan pada dua kelas yang berbeda. Analisis data menggunakan varian dua jalur dengan desain factorial dan analisis keefektifan. Hasil dari penelitian menunjukan ada perbedaan hasil belajar IPS antara metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan  metode tipe PBI pada siswa, dan ada interaksi antara metode pembelajaran yang digunakan dari tingkat motivasi berprestasi siswa terhadap hasil belajar. Terdapat interaksi antara metode pembelajaran dengan hasil belajar, bila diperhatikan ketiga garis tersebut tidak sejajar tetapi garis biru bersinggungan atau memotong garis hijau dan garis coklat yang  menyatakan bahwa memang ada interaksi antara ketiganya dapat dikatakan signifikan.

Kata kunci : hasil belajar, kooperatif, motivasi, pbi, stad


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2007. Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Djaali, Puji M. 2008. Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan.Jakarta: Grasindo.

Mardapi, Djemari. 2008. Tekhnik penyusunan instrumen tes dan nontes. Yogyakarta: Mitra Cendikia Press.

Sudjana, Nana, 2001. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algendindo.

Sugiyono. 2005. metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2009. Model Pembelajaran Terpadu Dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Pustaka Pelajar Publisher.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjss.v2i1.4917

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia