PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MEMANFAATKAN MEDIA AUDIO VISUAL MATA PELAJARAN PKn

Fitrianingsih Fitrianingsih, Darsono Darsono, Adelina Hasyim

Abstract


The aim of research is to describe interest and student result study in civic education through audio-visual media. The type of research is classroom action research which was done at the tenth grade totally 30 students, this research was done in three cycles and each of cycle consists of planning, implementation, observation, and reflection. Subject of research is teacher as a researcher and all of student tenth grade. In collecting the data it used observation, documentation, and test. After the civics learning had been implemented civics learning through audio-visual media, there is improvement on student’s interest which was shown by improvement of average indicators student study interest (attention, wants, needs, enjoy, curiosity, student active) at good criteria in third cycles and improvement of student result study was shown by score which was gotten by student when they were test which achieved standard minimal criteria at third cycles.

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan minat dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PKn melalui media audio-visual. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas X dengan jumlah 30 siswa, penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru sebagai peneliti dan seluruh siswa kelas X. Untuk mengambil data menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes. Setelah diterapkan pembelajaran PKn dengan memanfaatkan media audio-visual terjadi peningkatan minat belajar siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan rata-rata persentase pada indikator minat belajar siswa (perhatian, kemauan, kebutuhan, perasaan senang, rasa ingin tahu, dan keaktifan siswa) pada kriteria baik di siklus ketiga dan peningkatan hasil belajar siswa ditunjukkan dengan nilai yang diperoleh siswa pada saat tes keseluruhan siswa mencapai nilai kriteria ketuntasan minimum pada siklus ketiga.

Kata kunci: hasil belajar, media audio-visual, minat belajar, pkn


Full Text:

PDF

References


Asyar, Rayandra. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada.

Pargito. 2011. Penelitian Tindakan Bagi Guru dan Dosen. Bandar Lampung: AURA.

Susilo, M. Joko. 2005. Sukses dengan Gaya Belajar. Yogyakarta: Pinus Book Publisher.

Undang-Undang Pendidikan nasional Nomor 19 Tahun 2006 Tentang Standar Pendidikan Nasional. 2006. Jakarta: Depdiknas.

Undang-Undang Pendidikan nasional Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2013. Jakarta: Depdiknas.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjss.v2i1.4902

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia