PENDEKATAN VALUE CLARIVICATION TECHNIQUE SEBAGAI UPAYA MENANAMKAN NILAI-NILAI KEWIRAUSAHAAN

Rahmi Fitrina, Sudjarwo Sudjarwo, Raden Gunawan Sudarmanto

Abstract


This research aims to describe the efforts to instill the values of entrepreneurship  using the approach of Value Clarification Technique and to describe increase in the entrepreneurial learning outcome using the approach Value Clarification Technique. The method used in this study is classroom action research, which consists of three cycles include planning, implementation, and reflection. Data collection techniques used tests  to asses cognitive aspect and observation to aspect entrepreneurial values. The research result showed that there was an increase on: (1) students values of entrepreneurship, the indicator reached the third cycle; (2) student learning result. The second cycle of the indicator has been reached and third cycles of increasing and has reached  ≥75%.

Penelitian ini  bertujuan untuk mendeskripsikan upaya menanamkan nilai-nilai kewirausahaan dengan menggunakan pendekatan Value Clarification Technique dan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar kewirausahaan dengan menggunakan pendekatan Value Clarification Technique. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari tiga siklus, setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes untuk menilai aspek kognitif dan observasi untuk aspek afektif nilai-nilai kewirausahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada: (1) nilai-nilai kewirausahaan siswa, indikator tercapai pada siklus ketiga; (2) hasil belajar siswa siklus kedua indikatornya sudah tercapai selanjutnya siklus tiga semakin meningkat dan  mencapai ≥75%.

Kata kunci : kewirausahaan, nilai-nilai, value clarification technique


| Abstract views: 149 | PDF views: 115

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Cheppy. 1988. Pendidikan Moral dalam Beberapa Pendekatan. Jakarta: Depdiknas.

Febriand, Andi. 2013. Pengaruh Prakerin terhadap Sikap Wirausaha Siswa. (Online), (http://manperupi.blogspot.com/2013/01/pengaruh-prakerin-terhadap-sikap.html, diakses tanggal 08 Mei 2013).

Nurgiyantoro, Burhan. 1987. Penelitian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE UGM.

Pargito. 2011. Penelitian Tindakan Bagi Guru dan Dosen. Lampung: Anugrah Utama Raharja (AURA).

Supriyanto. 2013. Life Skill dalam Pembelajaran Kewirausahaan di SMK 1 Swadhipa Natar Lampung Selatan. Tesis Pascasarjana P.IPS. Bandar Lampung: Universitas Lampung. Tidak dipublikasikan.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjss.v2i1.4891

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia