ANALISIS KOMPARATIF PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING DAN EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP HASIL BELAJAR

Dian Erika Wati, Eddy Purnomo, Darsono Darsono

Abstract


The objective of this research is to know the differences of result study between probing prompting model and examples non examples. Instrument of research is questions in pre ability and result study and to prove hypothesis in this research, it is used variance statistic analysis and two sample t-test. Result show that the differences of result study between probing prompting model and examples non examples, the effectiveness social result study achievement better between using in probing prompting learning model and examples and non examples at students who has high pre ability, the effectiveness social result study achievement better using in probing prompting learning model and examples and non examples at students who has low pre ability, interaction of pre ability learning model through social study result.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara model probing prompting dan examples non examples. Instrumen penelitian berupa soal tes kemampuan awal dan tes hasil belajar dan untuk membuktikan hipotesis dalam penelitian ini digunakan statistik analisis varian dan t-test dua sampel. Hasil menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar antara model probing prompting dan examples non examples, efektifitas hasil belajar IPS siswa yang menggunakan pembelajaran model probing prompting dan model examples non examples pada siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi,  efektifitas hasil belajar IPS siswa yang menggunakan pembelajaran model pembelajaran probing prompting dan model examples non examples pada siswa yang memiliki kemampuan awal rendah, interaksi antara kemampuan awal dan model pembelajaran terhadap hasil belajar.

Kata kunci:  examples non examples, hasil belajar, kemampuan awal, probing promting


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2003. ProsedurPenelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rieneka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Pargito. 2010. Dasar-dasar IPS. Jurusan Pendidikan IPS. FKIP: Universitas Lampung.

Sugiyono. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suherman, E. 2008. Belajar dan Pembelajaran Matematika. Hand Out. Bandung: tidak diterbitkan.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif; Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada KTPS. Jakarta: Prenada Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjss.v1i5.3760

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia