Peran Teknologi Dalam Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Pemahaman Budaya

Lisa Damayanti

Abstract


Globalisasi membawa dampak signifikan terhadap dinamika budaya lokal, termasuk potensi tergerusnya identitas kebangsaan akibat dominasi budaya asing. Fenomena ini menjadi tantangan serius dalam dunia pendidikan, khususnya dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang memiliki peran strategis dalam pembentukan karakter dan identitas budaya siswa. Kajian ini bertujuan untuk menguraikan bagaimana pendidikan IPS dapat berfungsi sebagai alat resistensi terhadap budaya asing melalui pendekatan pembelajaran berbasis budaya lokal dan edukasi kritis. Metode yang digunakan adalah kajian pustaka dengan mengkaji berbagai artikel ilmiah dan hasil penelitian dari lima tahun terakhir. Hasil kajian menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai lokal dalam kurikulum IPS, pemanfaatan teknologi berbasis budaya, kolaborasi dengan komunitas budaya, serta penguatan kompetensi guru dalam edukasi reflektif, menjadi elemen kunci dalam membangun ketahanan budaya siswa. Pendidikan IPS tidak hanya berfungsi sebagai sarana penyampaian materi, tetapi juga sebagai ruang transformatif dalam menumbuhkan kesadaran identitas dan kebanggaan terhadap budaya bangsa di tengah arus globalisasi. Oleh karena itu, diperlukan upaya sistematis dari semua pihak—guru, sekolah, komunitas, dan pemerintah untuk menjadikan pendidikan IPS sebagai benteng pertahanan nilai-nilai kebudayaan nasional.

Full Text:

PDF

References


Adha, M. M., & Eksa, P. (2023). Pendidikan IImu Pengetahuan Sosial. Lakeisha.

Agustina, Rahayu, A. F., Rahmatullah, R. M., Nurfadilah, S., & Suherman, A. (2025). View of Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Lokal di Kampung Adat Cireundeu. Journal Of Multidisciplinary Inquiry in Science Technology and Educational Research, 834–842. https://doi.org/10.32672.v2i1.2571

Amalia, R., Shifa, L. N., & Fadilah, A. A. (2025). Pengaruh Globalisasi terhadap Minat Generasi Muda dalam Melestarikan Kesenian Tradisional Indonesia. TSAQOFAH, 5(1), 675–684. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v5i1.4577

Amin, A., Kajian, J., Dan, I., Islam, B., & Syarif, F. (n.d.). INTEGRASI NILAI KEARIFAN LOKAL TERHADAP PENANAMANAN NASIONALISME BAGI SISWA SEKOLAH DASAR. http://www.jst0r.0rg/stable/l

Artawan, K. S., & Astuti, N. W. W. (2024). Relevansi Kurikulum Merdeka Dalam Progresivisme John Dewey’s dan Konsepsi Filsafat Ki Hadjar Dewantara.

Azzahra, L. (2024). Pengaruh Pembelajaran IPS Berbasis Budaya terhadap Sikap Toleransi Antarbudaya Siswa Sekolah Menengah Pertama. 2, 16–25. https://doi.org/https://doi.org/10.62383/sosial.v2i2.255

Boli, P. K., & Novianto, V. (2022). Penanaman Nilai Toleransi dan Kesetaraan pada Pembelajaran IPS di SMP. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 3, 657–663. https://doi.org/10.30595/pssh.v3i.362

Cahyana, U., Kadir, A., & Gheradini, M. (2017). Relasi Kemampuan Berpikir Kritis dalam Kemampuan Literasi Sains pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Elektronik Universitas Malang, 14–22.

Fajri, H. M., Maksum, A., & Marini, A. (2024). Desain Pendidikan Multikultural pada Pendidikan Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(1), 235. https://doi.org/10.24036/jippsd.v8i1.125569

Fauzi. (2018). Peran Pendidikan dalam Transformasi Nilai Budaya Lokal di Era Milenial. 23.

Grace, C., Simarmata, N., Cristeofani Hutauruk, M., Fanni, R., Gaol, L., Anas Kautsar, M., Sosial, F. I., & Geografi, P. (2025). Cendekia: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Globalisasi (dalam Bidang IPTEK, Ekonomi, Komunikasi, Transportasi, Budaya). 2(1), 37–42.

Haniah, S., & Amin, S. (n.d.). Peran Guru DALAM MENGINTEGRASIKAN NILAI-NILAI BUDAYA LOKAL PADA PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR NEGERI 138 BASOKENG KABUPATEN BULUKUMBA.

Harahap, H. (2023). Peran IPS dalam Pembentukan Karakter dan Identitas Nasional.

Ihwani, N. N., Ayu, M. P., Rahma, D., Caturiasari, J., & Wahyudin, D. (2024). Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi. Jurnal Sinektik, 6(2), 145–154. https://doi.org/10.33061/js.v6i2.9156

Indrawati, M., & Sari, Y. I. (2024). MEMAHAMI WARISAN BUDAYA DAN IDENTITAS LOKAL DI INDONESIA. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS (JPPI), 18(1), 77–85. https://doi.org/10.21067/jip.v18i1.9902

Izza Lathifah, Hodri Fungkiuudin, Rizqi Trisnaningtyas, Rizky Yus Setiawan, Nilna Afifatul Alfiyah, Lailatul Muthoharoh, & Nafi’ur Rohman. (2023). Tantangan Implementasi Kurikulum Pendidikan IPS Di Era Globalisasi. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 2(4), 213–223. https://doi.org/10.55606/concept.v2i4.784

Kusumaningsih, N., Mahrany, Y., Negeri Makassar, U., Alamat, I., Rappocini, K., Makassar, K., & Selatan, S. (n.d.). Telaah Pengembangan Kurikulum IPS di Era Merdeka Belajar. https://doi.org/10.62383/dilan.v1i4.894

MENANAMKAN IDENTITAS KEBANGSAAN MELALUI PENDIDIKAN BERBASIS NILAI-NILAI BUDAYA LOKAL 1 Iin Wariin Basyari. (n.d.).

Nurul, M., Quraysyi, I., Sukma, O., Kristiono, R., & Susilo, D. (n.d.). Dampak Globalisasi: Menelusuri Perubahan Moral dan Karakter dalam Masyarakat Indonesia.

Pranoto, A. R., Faizah, V. A., & Aprilianti, P. (2023). Eksplorasi Sistem Adat Desa Penglipuran Sebagai Inspirasi Pendidikan Kontekstual di Era Modern. Cahya Edukasia.

Pratama, D., & Saputra, E. (2025). Dampak Globalisasi terhadap Identitas Budaya Lokal di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Sosial, 1(1), 36–39. https://prosiding.appisi.or.id/index.php/PROSEMNASSOS

Prayoga, A. O., & Firdaus, M. W. (2024). Islam dan Penguatan Identitas Budaya melalui Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di Era Digital. 11, 209–226. https://doi.org/https://doi.org/10.21580/wa.v11i2.24214

Puspitasari, R., & Permana, R. (2023). Perkembangan Masyarakat Global. Damera Press.

Putri, K., Maharani, J., zakya.Fajri, Saputri, A., Faruqi, I., & Marini, A. (2023). Peran Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Digitalisasi dalam Meningkatkan Literasi dan Minat Belajar pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Dam Sosial Humaniora.

Riani, R. P., Huda, C., & Fajriyah, K. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik “Fun Thinkers Book” Tema Berbagai Pekerjaan. Jurnal Sinektik, 2(2), 173–184.

Rusydah, I. A., & Saragih, R. G. A. (2025). Pembelajaran IPS untuk Menumbuhkan Kesadaran Multikultural pada Siswa SMP Negeri 2 Tantom Angkola. Education & Learning, 5(1), 22–30. https://doi.org/10.57251/el.v5i1.1606

Saiful Perdana, M. S., Wahyuningsih, N., Ismail, L., Sahirah, S., Muhammadiyah Makassar, U., & Negeri Makassar, U. (2024). Pengaruh Kemajuan Teknologi Terhadap Pembentukan Karakter Siswa SMPN 11 Barru. Jurnal Studi Multidisipliner, 8(10), 2118–7453.

Sari, P., Wulan, S., Lestari, W., Chunai, H., & Ndou, Y. (2024). Peran Generasi Muda dalam Integrasi Teknologi dan Pelestarian Budaya Menuju Indonesia Emas 2045.

Sarmila, Zulfadli, M., & Ibrahim. (2023). Pengaruh Perkembangan Media Sosial terhadap budaya Siri’ Masyarakat Dusun Parasangan Beru Desa Pajukukang Kecamatan Bontoa Kabupaten Maros. 4, 89–98.

Sarwo, A., Sman, E., & Mojokerto, G. (2021a). PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEBAGAI UPAYA PERTAHANAN IDENTITAS NASIONAL DALAM PENDIDIKAN MULTIKULTURAL. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2).

Sarwo, A., Sman, E., & Mojokerto, G. (2021b). PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEBAGAI UPAYA PERTAHANAN IDENTITAS NASIONAL DALAM PENDIDIKAN MULTIKULTURAL. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2).

Sidabutar, I. M. (2024). Nilai-nilai Kearifan Lokal dalam Karya Sastra Nusantara: Implikasi bagi Kurikulum Merdeka Local Wisdom Values in Literature of the Archipelago: Implications for Merdeka Curriculum. The Journal of Bilingualism, 1(1), 15–27. https://doi.org/10.31004/boraspati.vxix.xxx

Sipuan, S., Warsah, I., Amin, A., & Adisel, A. (2022). Pendekatan Pendidikan Multikultural. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2), 815. https://doi.org/10.37905/aksara.8.2.815-830.2022

Susandi, A., Amelia, D. J., Huda, M. M., MZ, A. F. S. A., & Khasanah, L. A. I. U. (2025). Relevansi Kurikulum Merdeka Berbasis Literasi Digital Menuju Generasi Indonesia Emas 2045. Journal of Nusantara Education, 4(2), 109–119. https://doi.org/10.57176/jn.v4i2.148

Tohri, A., Syamsiar, H., Rasyad, A., Hafiz, A., & Rizkah. (2022). Relevansi Metode Pembelajaran IPS Terpadu Berbasis Kearifan Lokal di Era Masyarakat Digital. 26, 115–128.

Wahidah, N., Zubair, M., Fauzan, A., & Alqodri, B. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila di SMP Negeri 1 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 696–703. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1287

Yulianie, P., & Anjani, M. (2025). Membangun Identitas Nasional Melalui Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Kristen Rehobot Palangka Raya. 5. https://doi.org/https://doi.org/10.51878/social.v5i1.4626

Yulianie, P., Anjani, M., & Studi PPKn Universitas Palangka Raya, P. (2025). Membangun Identitas Nasional Melalui Pendidikan Kewarganegaraan dI SMP Kristen Rehobot Palangka Raya. https://jurnalp4i.com/index.php/social

Zibar, C., Parisu, L., & Saputra, E. E. (2025). Pengaruh Integrasi Nilai Multikultural dalam Materi IPS terhadap Sikap Kebhinekaan Siswa Sekolah Dasar. 5(1). http://jurnal.ardenjaya.com/index.php/ajuphttp://jurnal.ardenjaya.com/index.php/ajup




DOI: https://doi.org/10.23960/jss.v13i1.33590

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia

Slot gacor