Tantangan Globalisasi terhadap Budaya Lokal dan Peran Pendidikan IPS dalam Pembentukan Identitas Bangsa
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Adha, M. M., & Eksa, P. (2023). Pendidikan IImu Pengetahuan Sosial. Lakeisha.
Agustina, Rahayu, A. F., Rahmatullah, R. M., Nurfadilah, S., & Suherman, A. (2025). View of Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Lokal di Kampung Adat Cireundeu. Journal Of Multidisciplinary Inquiry in Science Technology and Educational Research, 834–842. https://doi.org/10.32672.v2i1.2571
Amalia, R., Shifa, L. N., & Fadilah, A. A. (2025). Pengaruh Globalisasi terhadap Minat Generasi Muda dalam Melestarikan Kesenian Tradisional Indonesia. TSAQOFAH, 5(1), 675–684. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v5i1.4577
Amin, A., Kajian, J., Dan, I., Islam, B., & Syarif, F. (n.d.). INTEGRASI NILAI KEARIFAN LOKAL TERHADAP PENANAMANAN NASIONALISME BAGI SISWA SEKOLAH DASAR. http://www.jst0r.0rg/stable/l
Artawan, K. S., & Astuti, N. W. W. (2024). Relevansi Kurikulum Merdeka Dalam Progresivisme John Dewey’s dan Konsepsi Filsafat Ki Hadjar Dewantara.
Azzahra, L. (2024). Pengaruh Pembelajaran IPS Berbasis Budaya terhadap Sikap Toleransi Antarbudaya Siswa Sekolah Menengah Pertama. 2, 16–25. https://doi.org/https://doi.org/10.62383/sosial.v2i2.255
Boli, P. K., & Novianto, V. (2022). Penanaman Nilai Toleransi dan Kesetaraan pada Pembelajaran IPS di SMP. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 3, 657–663. https://doi.org/10.30595/pssh.v3i.362
Cahyana, U., Kadir, A., & Gheradini, M. (2017). Relasi Kemampuan Berpikir Kritis dalam Kemampuan Literasi Sains pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Elektronik Universitas Malang, 14–22.
Fajri, H. M., Maksum, A., & Marini, A. (2024). Desain Pendidikan Multikultural pada Pendidikan Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(1), 235. https://doi.org/10.24036/jippsd.v8i1.125569
Fauzi. (2018). Peran Pendidikan dalam Transformasi Nilai Budaya Lokal di Era Milenial. 23.
Grace, C., Simarmata, N., Cristeofani Hutauruk, M., Fanni, R., Gaol, L., Anas Kautsar, M., Sosial, F. I., & Geografi, P. (2025). Cendekia: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Globalisasi (dalam Bidang IPTEK, Ekonomi, Komunikasi, Transportasi, Budaya). 2(1), 37–42.
Haniah, S., & Amin, S. (n.d.). Peran Guru DALAM MENGINTEGRASIKAN NILAI-NILAI BUDAYA LOKAL PADA PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR NEGERI 138 BASOKENG KABUPATEN BULUKUMBA.
Harahap, H. (2023). Peran IPS dalam Pembentukan Karakter dan Identitas Nasional.
Ihwani, N. N., Ayu, M. P., Rahma, D., Caturiasari, J., & Wahyudin, D. (2024). Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi. Jurnal Sinektik, 6(2), 145–154. https://doi.org/10.33061/js.v6i2.9156
Indrawati, M., & Sari, Y. I. (2024). MEMAHAMI WARISAN BUDAYA DAN IDENTITAS LOKAL DI INDONESIA. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS (JPPI), 18(1), 77–85. https://doi.org/10.21067/jip.v18i1.9902
Izza Lathifah, Hodri Fungkiuudin, Rizqi Trisnaningtyas, Rizky Yus Setiawan, Nilna Afifatul Alfiyah, Lailatul Muthoharoh, & Nafi’ur Rohman. (2023). Tantangan Implementasi Kurikulum Pendidikan IPS Di Era Globalisasi. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 2(4), 213–223. https://doi.org/10.55606/concept.v2i4.784
Kusumaningsih, N., Mahrany, Y., Negeri Makassar, U., Alamat, I., Rappocini, K., Makassar, K., & Selatan, S. (n.d.). Telaah Pengembangan Kurikulum IPS di Era Merdeka Belajar. https://doi.org/10.62383/dilan.v1i4.894
MENANAMKAN IDENTITAS KEBANGSAAN MELALUI PENDIDIKAN BERBASIS NILAI-NILAI BUDAYA LOKAL 1 Iin Wariin Basyari. (n.d.).
Nurul, M., Quraysyi, I., Sukma, O., Kristiono, R., & Susilo, D. (n.d.). Dampak Globalisasi: Menelusuri Perubahan Moral dan Karakter dalam Masyarakat Indonesia.
Pranoto, A. R., Faizah, V. A., & Aprilianti, P. (2023). Eksplorasi Sistem Adat Desa Penglipuran Sebagai Inspirasi Pendidikan Kontekstual di Era Modern. Cahya Edukasia.
Pratama, D., & Saputra, E. (2025). Dampak Globalisasi terhadap Identitas Budaya Lokal di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Sosial, 1(1), 36–39. https://prosiding.appisi.or.id/index.php/PROSEMNASSOS
Prayoga, A. O., & Firdaus, M. W. (2024). Islam dan Penguatan Identitas Budaya melalui Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di Era Digital. 11, 209–226. https://doi.org/https://doi.org/10.21580/wa.v11i2.24214
Puspitasari, R., & Permana, R. (2023). Perkembangan Masyarakat Global. Damera Press.
Putri, K., Maharani, J., zakya.Fajri, Saputri, A., Faruqi, I., & Marini, A. (2023). Peran Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Digitalisasi dalam Meningkatkan Literasi dan Minat Belajar pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Dam Sosial Humaniora.
Riani, R. P., Huda, C., & Fajriyah, K. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik “Fun Thinkers Book” Tema Berbagai Pekerjaan. Jurnal Sinektik, 2(2), 173–184.
Rusydah, I. A., & Saragih, R. G. A. (2025). Pembelajaran IPS untuk Menumbuhkan Kesadaran Multikultural pada Siswa SMP Negeri 2 Tantom Angkola. Education & Learning, 5(1), 22–30. https://doi.org/10.57251/el.v5i1.1606
Saiful Perdana, M. S., Wahyuningsih, N., Ismail, L., Sahirah, S., Muhammadiyah Makassar, U., & Negeri Makassar, U. (2024). Pengaruh Kemajuan Teknologi Terhadap Pembentukan Karakter Siswa SMPN 11 Barru. Jurnal Studi Multidisipliner, 8(10), 2118–7453.
Sari, P., Wulan, S., Lestari, W., Chunai, H., & Ndou, Y. (2024). Peran Generasi Muda dalam Integrasi Teknologi dan Pelestarian Budaya Menuju Indonesia Emas 2045.
Sarmila, Zulfadli, M., & Ibrahim. (2023). Pengaruh Perkembangan Media Sosial terhadap budaya Siri’ Masyarakat Dusun Parasangan Beru Desa Pajukukang Kecamatan Bontoa Kabupaten Maros. 4, 89–98.
Sarwo, A., Sman, E., & Mojokerto, G. (2021a). PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEBAGAI UPAYA PERTAHANAN IDENTITAS NASIONAL DALAM PENDIDIKAN MULTIKULTURAL. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2).
Sarwo, A., Sman, E., & Mojokerto, G. (2021b). PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEBAGAI UPAYA PERTAHANAN IDENTITAS NASIONAL DALAM PENDIDIKAN MULTIKULTURAL. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2).
Sidabutar, I. M. (2024). Nilai-nilai Kearifan Lokal dalam Karya Sastra Nusantara: Implikasi bagi Kurikulum Merdeka Local Wisdom Values in Literature of the Archipelago: Implications for Merdeka Curriculum. The Journal of Bilingualism, 1(1), 15–27. https://doi.org/10.31004/boraspati.vxix.xxx
Sipuan, S., Warsah, I., Amin, A., & Adisel, A. (2022). Pendekatan Pendidikan Multikultural. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2), 815. https://doi.org/10.37905/aksara.8.2.815-830.2022
Susandi, A., Amelia, D. J., Huda, M. M., MZ, A. F. S. A., & Khasanah, L. A. I. U. (2025). Relevansi Kurikulum Merdeka Berbasis Literasi Digital Menuju Generasi Indonesia Emas 2045. Journal of Nusantara Education, 4(2), 109–119. https://doi.org/10.57176/jn.v4i2.148
Tohri, A., Syamsiar, H., Rasyad, A., Hafiz, A., & Rizkah. (2022). Relevansi Metode Pembelajaran IPS Terpadu Berbasis Kearifan Lokal di Era Masyarakat Digital. 26, 115–128.
Wahidah, N., Zubair, M., Fauzan, A., & Alqodri, B. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila di SMP Negeri 1 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 696–703. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1287
Yulianie, P., & Anjani, M. (2025). Membangun Identitas Nasional Melalui Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Kristen Rehobot Palangka Raya. 5. https://doi.org/https://doi.org/10.51878/social.v5i1.4626
Yulianie, P., Anjani, M., & Studi PPKn Universitas Palangka Raya, P. (2025). Membangun Identitas Nasional Melalui Pendidikan Kewarganegaraan dI SMP Kristen Rehobot Palangka Raya. https://jurnalp4i.com/index.php/social
Zibar, C., Parisu, L., & Saputra, E. E. (2025). Pengaruh Integrasi Nilai Multikultural dalam Materi IPS terhadap Sikap Kebhinekaan Siswa Sekolah Dasar. 5(1). http://jurnal.ardenjaya.com/index.php/ajuphttp://jurnal.ardenjaya.com/index.php/ajup
DOI: https://doi.org/10.23960/jss.v13i1.33075
Refbacks
- There are currently no refbacks.

The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia

2.png)




.png)




.png)