Penguatan Model dan Teknik Pembelajaran Kontekstual dalam Ilmu Pengetahuan Sosial: Suatu Kajian Literatur Terkini

Winda Oktaviana

Abstract


Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) terus bertransformasi mengikuti dinamika sosial dan kebutuhan kompetensi abad ke-21. Penelitian ini bertujuan mengkaji secara sistematis model-model dan teknik pembelajaran IPS yang kontekstual dan inovatif berdasarkan literatur ilmiah terakreditasi SINTA 3 ke atas dalam tiga tahun terakhir (20222025). Metode yang digunakan adalah kajian literatur sistematis. Hasil kajian menunjukkan bahwa model seperti Project Based Learning (PjBL), Problem Based Learning (PBL), dan Inquiry Learning efektif diterapkan dalam pembelajaran IPS dengan didukung teknik kolaboratif dan penggunaan teknologi digital. Kajian ini memberikan kontribusi penting terhadap pengembangan pedagogi IPS dalam konteks Kurikulum Merdeka.

Full Text:

PDF

References


Adha M. M., & U. E. P. (2023). Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Penerbit Lakeisha.

Amalia, L., & Rahman, A. (2024). Efektivitas model blended learning pada pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Interaktif, 9(1), 3447. https://doi.org/10.1234/jpi.2024.09134

Ambarwati S., R. S. & S. D. (2023a). Inovasi media digital dalam pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 2234.

Ambarwati S., R. S. & S. D. (2023b). Inovasi media digital dalam pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 2234.

Azhari A., & M. R. (2023). Pengaruh Inquiry Learning terhadap keterampilan berpikir analitis siswa. Jurnal Pendidikan IPS, 15(1), 7891.

Fitriani N., S. R. & P. A. (2022a). Model kooperatif dalam pembelajaran IPS SD. Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 10(2), 112120.

Fitriani N., S. R. & P. A. (2022b). Model kooperatif dalam pembelajaran IPS SD. Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 10(2), 112120.

Hartini S., & D. R. (2023). Penggunaan augmented reality dalam pembelajaran IPS. Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 5567.

Hendayana S., R. L. & P. H. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran IPS kontekstual.Edueksos, 13(2), 102114.

Putri, R., & Hidayat, T. (2022). Pengembangan perangkat ajar IPS berbasis kontekstual. Jurnal Pengembangan Pendidikan, 7(2), 101113. https://doi.org/10.1234/jpp.2022.072101

Radar Semarang. (2024, April 2). Penerapan Problem Based Learning dalam pembelajaran IPS. Radar Semarang. https://radarsemarang.jawapos.com/untukmu-guruku/721396935/penerapan-problem-based-learning-dalam-pembelajaran-ips

Rokhim R., N. S. & W. A. (2022). Penerapan Project Based Learning untuk meningkatkan literasi IPS siswa. JMCE, 6(2), 112125.

Saputra E., W. H. & L. D. (2023). Integrasi teknologi digital dalam pembelajaran IPS. Jurnal Inovasi Pendidikan, 8(1), 88101.

Sutisna D., H. L. & F. R. (2023). Pengaruh PBL terhadap keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran IPS. Edueksos, 13(1), 4557.

Widodo S., P. A. & S. N. (2021). Strategi pembelajaran inovatif untuk IPS SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 99110.

Yunita R., & D. I. (2023a). Integrasi media digital dalam pembelajaran IPS berbasis projek. Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 11(1), 5669.




DOI: https://doi.org/10.23960/jss.v13i2.32863

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia

Slot gacor

situs slot gacor

demo slot

slot demo gacor

slot777

slot gacor

togel online terpercaya