Konsep Dasar IPS di Indonesia: Sejarah, Ruang Lingkup, dan Tujuan

Dhimas Alghifari

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam dan komprehensif mengenai konsep dasar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Indonesia. Melalui kajian terhadap sejarah perkembangannya di Indonesia dan Amerika Serikat, ruang lingkup materi, eksistensi dalam sistem pendidikan nasional, tujuan pembelajaran, serta hubungannya dengan ilmu-ilmu sosial lainnya, artikel ini menyoroti evolusi IPS dari masa ke masa. Hasil kajian menunjukkan bahwa IPS telah mengalami transformasi signifikan, beradaptasi dengan perubahan sosial, politik, dan pendidikan, hingga menjadi Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) dalam Kurikulum Merdeka. Peran IPS sangat krusial dalam menanamkan nilai kebangsaan, mengembangkan keterampilan berpikir kritis, dan mempersiapkan siswa menjadi warga negara yang bertanggung jawab. Artikel ini menyajikan kesimpulan dan saran untuk pengembangan pendidikan IPS yang lebih efektif dan relevan.

Full Text:

PDF

References


Adha, Muhammad Mona, and Eska Prawisudawati Ulpa. 2023. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Klaten: Lakeisha. Cetakan Pe. Klaten, Jawa Tengah: Penerbit Lakeisha.

Afrilyanti, Desy Safitri, and Sujarwo. 2024. “Pendekatan Konstruktivisme Dalam Pembelajaran IPS.” Mutiara: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia 2(2): 55–69.

Agustin, Intan Dwi Ayu et al. 2024. “Literature Review : Pelajaran IPS Di Sekolah Dasar.” Innovative: Journal Of Social Science Research 4(1): 1167211682.

Aniyati, Kholis, and Faridatul Umah. 2024. HAKIKAT ILMU PENGETAHUAN SOSIALDAN IMPLEMENTASINYA DI SEKOLAH. J u r n a l P r o d i P G M I A l -M i s b a h 10(2): 461473.

Azzahra, Ghania et al. 2025. PENDIDIKANIPSDALAMMEMPERSIAPKANSISWAMENGHADAPITANTANGANSOSIALDANEKONOMIDIMASADEPAN. Jurnal Inovasi Global 3(2): 28595.

Bashith, Abdul, and Waluyo Satrio Adji. 2024. Tantangan Dan Miskonsepsi Dalam Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar; Urgensi Pembaruan Materi Kurikulum.” JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School 5(1): 93–98.

Fauziah, Nabilla Nur, Randita Lestari, Tin Rustini, and Muh. Husen Arifin. 2022. “Perkembangan Pendidikan IPS Di Indonesia Pada Tingkat Sekolah Dasar.” AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar 6(1): 89.

Kurniawan, Ganda Febri. 2022. “Hakikat Ilmu Pengetahuan Sosial: Strategi Memahami Dan Perbaikan Kesalahan Konsep.” JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) 9(1): 64–78.

Nasution, Elsa Manora, Fina Putri Suci, and Muhammad Rafiq. 2023. PENERAPAN RUANG LINGKUP PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR. PEMA (JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT) 2(3): 18893.

Oktaviani, Anna Maria, Arita Marini, and Fitriyani. 2022. Iplementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran IPS Di SD. Jurnal Pendidikan Tambusai 6(1).

Purba, Putri Patricia Novelina, Silvina Noviyanti, Faizal Chan, and Vanni Sulastri Dewi Rumapea. 2024. Implementasi Pembelajaran IPS Dalam Kurikulum Merdeka Di Pendidikan Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research 4(3): 56335642.

Rohman, Akhmad Dalil, Hana Hanifah, and Hafizah Ghany Hayudina. 2023. PENGGUNAAN MEDIA KARTU TRANSFORMASI ENERGI PADA MATA PELAJARAN IPAS DALAM MENINGKATKAN SIKAP BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV MII DEGAYU 02 PEKALONGAN. In Seminar Nasional PGMI 2023, , 3543.

Saadah Ramadhani, Naila et al. 2024. Pengembangan Kurikulum Dan Pengorganisasian Pengalaman Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan) 5(1): 5763.

Safitri, Dea et al. 2024. Prinsip Dan Tujuan Pembelajaran IPS Membangun Warga Negara Berpengetahuan Luas Dan Berpikir Kritis. Cognoscere: Jurnal Komunikasi dan Media Pendidikan 2(1): 5359.

Saputra, Bambang et al. 2024. Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan) 5(1): 5056.

Septiana, Ayu Nanda, and I Made Ari Winangun. 2023. ANALISIS KRITIS MATERI IPS DALAM PEMBELAJARAN IPAS KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR. Ayu Nanda Septiana, I Made Ari Winangun 1(1): 4354.

Setiawan, Deny, and Maulana Arafat Lubis. 2022. Ilmu Pengetahuan Sosial Dalam Perspektif Etnopedagogi. Pertama. Jakarta: KENCANA.

Siregar, Anissa, Ummi Kalsum, and Sehat Muda Rambe. 2022. PENGARUH RUANG LINGKUP IPS TERHADAP PERKEMBANGAN SISWA DI MTS PAB 2 SAMPALI. LOKAKARYA 1(1): 1.

Sudrajat, Rahmat, and Dyah Kumalasari. 2023. TRANSFORMASI SOCIALSCIENCESPADAKURIKULUM NASIONAL(Studi HistorisMapelIPSJenjang SD, SMP, Dan SMA). Jurnal Ilmiah CIVIS 7(2): 7168.

Suparya, I Ketut. 2022. Kajian Teoritis Perbandingan Kurikulum IPS Di Indonesia Dan Amerika. EdukasI: Jurnal Pendidikan Dasar 3(2): 14150.

Susanti, Eka, and Henni Endayani. 2018. Konsep Dasar IPS. Pertama. ed. Nuriza Dora. Medan: CV. Widya Puspita, Medan.

Ulya, Alyada, Rina Windah Astuti, and Salis Sarifa Aqidatul Islamiyyah. 2023. Konsep Dasar IPS Dan Implementasinya Di Sekolah. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar 8(2): 22537.

Viqri, Denada et al. 2024. Problematika Pembelajaran IPAS Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP) 4(2): 31015.

Yusnaldi, Eka et al. 2024. Perkembangan Pendidikan IPS. JURNAL ILMU PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN 6(3): 27998.

Zamhari Zamhari, Dwi Noviani, and Zainuddin Zainuddin. 2023. Perkembangan Pendidikan Di Indonesia. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra dan Budaya 1(5): 0110.

remaja. Psicothema,19 (1).




DOI: https://doi.org/10.23960/jss.v13i2.32737

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia

Slot gacor

situs slot gacor

demo slot

slot demo gacor

slot777

slot gacor

togel online terpercaya