PERBEDAAN MINAT BERWIRAUSAHA SISWA ANTARA METODE ROLE PLAYING DAN METODE EXAMPLES NON EXAMPLE
Abstract
This research aims to analyze different interest of student’s entrepreneurship in which the learning uses role playing examples and non-examples methods. The method used was unreal experiment by giving treatment in two different classes, one class used role playing method and others used examples non examples method by paying attention to parents’ job background. The design used was 2 x 2 and the analysis of data used variant factorial design with two lines. The results of the research shows that hypothesis-1, 2,5, and 7, that all have entrepreneur interest while hypothesis 3 has no interaction between learning method with parents’ job background, and the hypothesis of the 4th and the 6th that there was no entrepreneur interest on students.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan minat berwirausaha siswa yang pembelajarannya menggunakan role playing dan metode examples non examples. Metode yang digunakan yaitu eksperimen semu dengan memberikan perlakuan pada dua kelas yang berbeda, satu kelas menggunakan pembelajaran role playing dan satu kelas lainnya menggunakan examples non examples dengan memperhatikan latar belakang pekerjaan orang tua. Rancangan yang digunakan yaitu 2 x 2 dan analisis data menggunakan varian dua jalur dengan desain faktorial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis ke-1,2,5, dan 7 semua ada perbedaan minat berwirausaha sedangkan hipotesis ke-3 tidak ada interaksi antara metode pembelajaran dengan latar belakang pekerjaan orang tua, dan hipotesis ke-4 dan ke-6 bahwa tidak ada perbedaan minat berwirausaha siswa.
Kata kunci: pembelajaran role playing, pembelajaran examples non examples, latar belakang pekerjaan orang tua, minat berwirausaha
Full Text:
PDFReferences
AM., Sardiman. 2003. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Dunn, T.A & Holtz-Eakin, D.J. 2000. Financial Capital and the Transition to Self-Employment: Evidence from International Links. Journal of Labour Economics, 18(2): 282-305.
Herawati. 1998. Kewiraswastaan. Jakarta: BP IPWI
Purwanto, Ngalim. 2002. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remadja Karya.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor – Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suherman, Eman, dkk. 2001. Common Text Book; Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung : JICA-UPI.
Suryana. 2003. Kewirausahaan, Pedoman Praktis Kiat dan Proses Menuju Sukses. Bandung: Salemba Empat.
Sutjipto. 2002. Minat Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMEA) Terhadap Kewiraswastaan. On-line. Diambil dari hhtp://www.depdiknas.go. id/jurnal/45/sutjipto.htm
Uno, Hamzah B. 2011. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.
W.S Winkel. 2007. Psikologi Pengajaran. Jakarta: PT. Gramedia
Zuhairini, dkk. 1983. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Rineka Cipta.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjss.v1i4.2544
Refbacks
- There are currently no refbacks.
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia