STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE YANG BERBEDA

Mei Jayadi, R. Gunawan Sudarmanto, Eddy Purnomo

Abstract


The study purpose is to find out the affectivity implementation of cooperative learning models Numbered Heads Together (NHT), Team Games tournament (TGT) and Team Pair Share (TPS) in Social Study Learning. The Methods used is Comparative study with experiment approach. Data sampling is clustering random Sampling. Hypothesis uses one way variant of pattern analysis and further Dunnet t-test. Based on the study results can be concluded (1) There is a difference in average results of social students that given cooperative learning Models of NHT, IGT, and TPS. (2) Study result of Social students use cooperative learning model NHT is higher than those who use cooperative learning model TGT and TPS. (3) Learning result social students who use cooperative model TGT is higher than those who use cooperative model TPS.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT), Team Games Tournament (TGT) dan TeamPair Share (TPS) dalam pembelajaran IPS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi perbandingan dengan pendekatan eksperimen. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik cluster random sampling. Pengujian hipotesis menggunakan rumus analisis satu arah varians dan Dunnet t-test lebih lanjut. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan (1) Ada perbedaan dalam hasil rata-rata IPS siswa yang diberikan pembelajaran kooperatif model NHT, IGT dan TPS. (2) Hasil studi sosial siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif NHT lebih tinggi dari pembelajaran kooperatif model TGT jenis. (3) Hasil penelitian mahasiswa sosial belajar menggunakan Model pembelajaran kooperatif NHT lebih tinggi daripada menggunakan model kooperatif TPS.


Kata kunci: studi perbandingan, pembelajaran kooperatif, NHT, TGT, TPS

Full Text:

PDF

References


Agustiani, Renny. 2009. Studi Perbandingan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dan Student Team Achievement Division (STAD) dengan Memperhatikan Kemampuan Awal. Skripsi FKIP, Universitas Lampung.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-dasar Evaluasi Pembelajaran. Bumi Aksara: Jakarta. 308 hlmn.

-------------. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta: Jakarta.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta: Jakarta. 298 hlmn.

Fajar S. 2008. Teori Belajar. Makalah FKIP, Universitas Negeri Surakarta.

Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara: Jakarta. 242 hlmn.

Ismiyanti, Nika angel. 2009. Upaya Peningkatan dan Hasil Belajar IPS Ekonomi Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI). Skripsi FKIP, Universitas Lampung.

Khasanah, Dwi Rohmiyati. 2011. Komparasi Hasil Belajar Matematika Antara Siswa Yang Diberi Metode STAD Dengan TGT Kelas Viii Mts Negeri SumberagungJetis Bantul. Skripsi FKIP, Universitas Negeri Yogyakarta.

Lie, Anita. 2002. Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. PT. Grasindo: Jakarta.

Nasution. 2006. Perencanaan Pembelajaran. Bumi Aksara: Jakarta.

Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rajawali Pers: Jakarta.

Soemarso. 1994. Akuntansi Suatu Pengantar. Rineka Cipta: Jakarta.

Sudarmanto, Gunawan. 2005. Analisis Linier Ganda dengan SPSS. Graha Ilmu: Yogyakarta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta: Bandung.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bumi Aksara: Jakarta.

Winarti, Dedeh. 2004. Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IID SLTP Al-Kautsar Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2003/2004. Skripsi FKIP, Universitas Lampung.

Yulianti. 2009. Studi Perbandingan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Ekonomi antara Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournnaments (TGT) dan Tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 19 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2008/2009. Skripsi FKIP, Universitas Lampung.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjss.v1i4.2176

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia