EFEKTIFITAS PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 BANJIT
Abstract
Thisstudy aimstoproduce productsintheformofteaching materialsonIPS lessons and know the effectiveness of the use of teaching materials IPS to improvestudents' socialskills.TheresearchmethodusedisResearchand DevelopmentDataanalysistechniquesusingttesttotest theeffectivenessofthe product.Theresultofthe researchshows1)theassessmentofteachingmaterial experts, learningmaterial experts, Indonesian linguists and learners of the productstobe developed,after revision,theproductisdeclaredeligible tobe used aswellasassisting theIPSlearningprocess.2)Theaverageofobeservicesof socialskillsof studentsinexperimentalclassusingIPSdevelopmentofhigher learningmaterialsthancontrolclassusingconventionalmethod,coefficientvalue tcounted6,820andttableequalto2,045.Sothatlearning by usingthe development of teaching materialsIPS effectivetoimprovestudents'social skills.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar pada pelajaranIPS dan mengetahui efektivitas penggunaan bahan ajar IPS untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa. Metode penelitianyang digunakan adalah Researchand Development(R&D) Teknika nalisis data menggunakan t test untuk menguji efektivitas produk.Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penilaian ahli bahan ajar, ahli materi pembelajaran,ahli bahasa Indonesia dan peserta didik terhadap produk yang akan dikembangkan,setelah melalui revisi maka produk dinyatakan layak untuk digunakan sert amembantu proses pembelajaran IPS.2)Rata-rataobeservasi keterampilan social siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan pengembangan baha najar IPS lebih tinggi dari pada kelas kontrolyang menggunakan metode konvensional,nilaikoefisienalt hitung sebesar6,820dan ttabelsebesar2,045.sehingga pembelajaran dengan menggunakan pengembangan bahan ajar IPS efektif untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa.
Kata kunci: Efektifitas BahanajarIPS, Keterampilan
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, A. 2009.Media Pembelajaran.RajawaliPos. Jakarta.
Maryani, Enok. 2011.
Pengembangan Program Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Kompetensi
Keterampilan Sosial.Universitas Pendidikan Indonesia.Bandung.
Nasution, S. 2004.Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara.Bandung.
Purwanto,Aristo Rahadidan Suharto
Lasmono. 2007. Pengembangan Modul Seri TeknologiPembelajaran. Depdiknas.Jakarta.
Saifuddin, 2015.Pengelolaan Pembelajaran Teoritis dan Praktis.CV Budi Utama.Jakarta
Sugiyo. 2005.Komunikasi Antar
Pribadi.Press.Semarang
Sudjana, Nanadan Rivai, Ahmad.2010.Media Pengajaran.Sinar Baru.Bandung.
Undang-UndangNomor20 Tahun 2003, TentangSistem Pendidikan Nasional, Depdiknas: Jakarta
Novitasari.2015. Penerapan Model Make A Matchuntuk Meningkatkan HasilBelajar danKeterampilan Sosial. Jurnal Studi Sosial.Program Studi PendidikanIPS.FKIP UniversitasLampung.(Vol.3 No. 1 Tahun 2015).
Ririh Pintoko.Keterampilan Sosial Siswa Pada Pembelajaran IPS. Jurnal Studi Sosial Program Studi Pendidikan IPS. FKIP Universitas Lampung. (Vol.6 No 1 Tahun 2018).
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjss.v8i1.21207
Refbacks
- There are currently no refbacks.
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia