Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Proses Pembelajaran Ekonomi
Abstract
This study aims to improve the ability to think critically and analyze the effectiveness of problem-based LKPD that is used to improve the thinking skills of class X students of SMA Negeri 8 OKU. This research method is a research development with Borg & Gall design models. The research subjects were 70 grade X students of SMA Negeri 8 OKU. The learning media in this study uses a problem-based LKPD with indicators of critical thinking skills that are identifying, connecting between concepts, analyzing information in solving problems, evaluating or concluding. The instrument used to measure critical thinking skills is pre-test and post-test. Data analysis using t-test and N-gain. The results showed that problem-based LKPD was effective in improving critical thinking skills.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan menganalisis keefektifan LKPD berbasis masalah yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir peserta didik kelas X SMA Negeri 8 OKU. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model desain Borg&Gall. Subjek penelitian 70 siswa kelas X SMA Negeri 8 OKU. Media pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan LKPD berbasis masalah dengann indikator kemampuan berpikir kritis yaitu mengidentifikasi, menghubungkan antar konsep, menganalisis informasi dalam menyelesaikan masalah, mengevaluasi atau kesimpulan. Instrument yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis berupa pre-test dan post test. Analisis data menggunakan uji t dan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis masalah efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis.
Kata kunci: Pengembangan, LKPD berbasis masalah, kemampuan berpikir kritis.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2018). Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Borg, W.R. dan Gall, M.D. (2003). Educational Research An Introduction. New York: Longman.
Djiwandono, Patrisius Istiarto. (2015). Meneliti itu tidak Sulit, Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan Bahasa. Deepublish. Yogyakarta.
Ismaimuza, Dasa. 2010. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Strategi Konflik Kognitif terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Sikap Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika. 4 (1).
Maisaroh, Noor. F., & Chansyanah, D. (2018). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah Pencemaran oleh Limbah Detergen. Jurnal Pendidikan. 3 (1). 8-11.
Majid, A. (2005). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Meltzer. 2002. The relationship Between Mathematics Preparation and ConceptualLearning Gain in Physics : A Posible Hidden Variable in Diagnostic Pretest Scores. American Journal Physics.
Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Sabaniah N., Winarni E. W. dan Jumiarni D. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Creative Problem Solving. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi. 3 (2): 230-239.
Sudijono. (2008).Pengantar Statistik Pendidikan. PT Rajo Grafindo Persada: Jakarta
Wahyu Rizki, Cut Nurmaliah dan M. Ali. (2016). Pemanfaatan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Di Mtsn Rukoh Kota Banda Aceh. Jurnal Biotik. 4 (2). 136-142.
Winarni, E. W. (2018). Pendekatan Ilmiah Dalam Pembelajaran Inovatif dan Kreatif. Bengkulu : FKIP UNIB.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjss.v8i1.21018
Refbacks
- There are currently no refbacks.
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia