Studi Tentang Kekerasan Seksual Pada Anak Di Bawah Umur (Kasus Pada Lembaga Kesejahteraan Sosial Alamanda Kabupaten Tanggamus)

Dwi Rohmanita, sudjarwo sudjarwo, risma msinaga

Abstract


This study aims to determine the impact of sexual violence on minors, the role and efforts of LKS Alamanda in minimizing sexual violence that occurs in children in Tanggamus Regency, Lampung. This study uses a qualitative approach, with a case study method. The data collected in this study is a series of statements in the form of observations, interviews, and descriptive documentation. The results showed that sexual violence occurred because of family background, negative social impact and negligence of parents while in handling cases of sexual violence against minors requires cooperation between parties whose role is to provide motivation and rehabilitation for victims.

 

Penelitian ini bertujuan mengetahui dampak kekerasan seksual pada anak di bawah umur, peran dan upaya yang dilakukan LKS Alamanda dalam meminimalisir kekerasan seksual yang terjadi pada anak di Kabupaten Tanggamus Lampung.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode case study. Data yang terkumpul dalam penelitian ini merupakan serangkaian pernyataan dalam bentuk observasi, wawancara, dan dokumentasi yang bersifat deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekerasan seksual terjadi karena latar belakang keluarga, dampak negativ medsos serta kelalaian orang tua sedangkan dalam menangani kasus kekerasan seksual pada anak dibawah umur memerlukan kerjasama antar pihak yang berperan untuk memberi motivasi serta rehabilitasi untuk para korban.

 

Kata kunci: kekerasan seksual, anak dibawah umur


Full Text:

PDF

References


Basrowi, Sudjarwo. 2009. Manajemen Penelitian Sosial. Bandung. CV. Mandar Maju

Dianawati. 2003. Pengetahuna Populer Remaja: Pendidikan Seks Untuk Remaja. Jakarta: Kawan Pustaka.

Duverger, Maurice. 2010. Sosiologi Politik. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Erlinda. Komisioner KPAI. 2014. Upaya Peningkatan Anak dari Bahaya Kekerasan, Pelecehan, dan Eksploitasi. . Bandung: Nuansa Cend

Gosita, Arif. 2000. Masalah Perlindungan Anak. Jakarta.: Akademika Pressindo.

Gultom, Maidin. 2012. Perlindungan Hukum Terhadap Anak dan Perempuan. Bandung: Refika Aditama

Hera. Wahyuni. 2016. Faktor Resiko Gangguan Stress Pasca Trauma Pada Anaka Korban Pelecahan Seksual.//http:UPI.edu/repository.upi.edu Vol 1/No.1/Maret 2015. Universitas Pendidikan Indonesia. Diakses tanggal 23 Mei 2016.

Maleong, Lexy. J . 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Soerjono Soekanto. 2006. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grapindo Persada

Wulansari, Dewi. 2009. Teori Organisasi dan Pengorganisasian. Jakarta: Rajawali Pers.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjss.v7i1.19437

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia