ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MODEL INKUIRI SOSIAL PADA PEMBELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 WAY LIMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis siswa melalui model inkuiri sosial pada pembelajaran sosiologi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif yang diarahkan untuk memperoleh informasi mengenai indikator keterampilan berpikir kritis yang muncul melalui model inkuiri sosial pada saat pembelajaran sosiologi berlangsung.Subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas XII IPS2 yang berjumlah 20 orang yang diperoleh melalui teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator keterampilan berpikir kritis siswa yang muncul melalui penerapan model inkuiri sosial pada saat pembelajaran sosiologi berlangsung memiliki kategori yang berbeda. Selain itu hasil penelitian menunjukkan adanya kesulitan siswa pada saat mencapai indikator keterampilan berpikir kritis melalui inkuiri sosial pada pembelajaran sosiologi.
Kata kunci: keterampilan berpikir kritis, inkuiri sosial
Full Text:
PDFReferences
Alec Fisher. 2009. Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Erlangga. Jakarta
Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara: Jakarta.
_______ Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta: Jakarta
Costa. 1985. Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar. Erlangga: Jakarta.
Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.
Surachmad. 1994. Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar dan Metode Teknik. Multi Pressindo. Yogyakarta.
Susetyo, B. 2015. Prosedur Penyusunan dan Analisis Tes untuk Penilaian Hasil Belajar Bidang Kognitif. Remaja Rosdakarya. Bandung
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjss.v7i1.19347
Refbacks
- There are currently no refbacks.

The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia