ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MODEL INKUIRI SOSIAL PADA PEMBELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 WAY LIMA

Herawati Herawati, Sudjarwo Sudjarwo, Risma M Sinaga

Abstract


This study aims to determine students' critical thinking skills through social inquiry models in learning sociology. The research method used is descriptive research method. Data collection techniques used are tests, observation sheets, interviews and documentation. Data analysis technique used is qualitative data analysis technique which is directed to obtain information about critical thinking skills indicators that emerge through social inquiry models when sociology learning takes place. The research subjects are all students of class XII IPS2, amounting to 20 people obtained through purposive sampling techniques . The results showed that the indicators of students' critical thinking skills that emerged through the application of social inquiry models during sociology learning took place in different categories. In addition, the results of the study showed the difficulties of students when reaching indicators of critical thinking skills through social inquiry in learning sociology.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis siswa melalui model inkuiri sosial pada pembelajaran sosiologi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif yang diarahkan untuk memperoleh informasi mengenai indikator keterampilan berpikir kritis yang muncul melalui model inkuiri sosial pada saat pembelajaran sosiologi berlangsung.Subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas XII IPS2 yang berjumlah 20 orang yang diperoleh melalui teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator keterampilan berpikir kritis siswa yang muncul melalui penerapan model inkuiri sosial pada saat pembelajaran sosiologi berlangsung memiliki kategori yang berbeda. Selain itu hasil penelitian menunjukkan adanya kesulitan siswa pada saat mencapai indikator keterampilan berpikir kritis melalui inkuiri sosial pada pembelajaran sosiologi.

 

Kata kunci: keterampilan berpikir kritis, inkuiri sosial


Full Text:

PDF

References


Alec Fisher. 2009. Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Erlangga. Jakarta

Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara: Jakarta.

_______ Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta: Jakarta

Costa. 1985. Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar. Erlangga: Jakarta.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Surachmad. 1994. Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar dan Metode Teknik. Multi Pressindo. Yogyakarta.

Susetyo, B. 2015. Prosedur Penyusunan dan Analisis Tes untuk Penilaian Hasil Belajar Bidang Kognitif. Remaja Rosdakarya. Bandung




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjss.v7i1.19347

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia