Pengembangan Media Puzzle 3D Pkn Untuk Menumbuhkan Nilai-Nilai Demokrasi Pada Peserta Didik Kelas X

Azkiya Maisari, Sudjarwo Sudjarwo, Risma MSinaga

Abstract


The purpose of this study was to develop 3D Puzzle media on Civics Subjects at MA Karang Karang NU. This research was conducted using the research and development model and ASSURE development design which described the results of the development of 3D Puzzle media on Civics learning to foster democratic values in class X MA NU Tanjung Karang students based on the results of the trial. The results obtained from this research are the development of learning media in the form of 3D puzzles in Civics learning at MA NU Tanjung Karang  so that they effectively produce learning conditions that are interactive, inspiring, fun, challenging and motivating. In addition, it can foster democratic values such as freedom, equality, solidarity, tolerance, respect for honesty, and civilization.

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media Puzzle 3D pada Mata Pelajaran PKn di MA NU Tanjung Karang.  Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model penelitian dan pengembangan serta desain pengembangan ASSURE yang akan mendeskripsikan hasil dari pengembangan media Puzzle 3D pada pembelajaran PKn untuk menumbuhkan nilai-nilai demokrasi pada peserta didik kelas X MA NU Tanjung Karang berdasarkan hasil uji coba. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu pengembangan media pembelajaran berupa Puzzle 3D pada pembelajaran PKn di MA NU Tanjung Karang untuk menumbuhkan nilai-nilai demokrasi peserta didik sehingga efektif menghasilkan kondisi pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik. Selain itu, dapat menumbuhkan nilai-nilai demokrasi seperti kebebasan, persamaan, solidaritas, toleransi, menghormati kejujuran, dan keadaban.

Kata kunci: pengembangan media, puzzle 3D, pembelajaran PKn, nilai demokrasi


Full Text:

PDF

References


Arsyad, M.A., Azhar. 2014. Media Pembelajaran (Edisi Revisi).Jakarta : Rajawali Press Pargito, M.Pd,. 2009. Penelitian dan Pengembangan Bidang Pendidikan.

Pargito, M.Pd,. 2009. Penelitian dan Pengembangan Bidang Pendidikan.

Pemerintah Republik Indonesia. 2003. UU RI No 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta

Pemerintah Republik Indonesia. 2003. UU RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wasis. 2001. Konsep Penelitian Pengembangan.Artikel. Universitas Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjss.v7i1.19296

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia