Penerapan Model Scaffolding Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Pada Pembelajaran Sosiologi
Abstract
The purpose of this research was to implementation the scaffolding learning model in improve the students’ critical thinking ability in sociology students on a x banjar 1 the n high school. Research methodology improving a tenth grade of SMAN 1 Banjar Agung is the Classroom Action Research. This is classroom action research and the result shaved that elaborate the language think critically learning sociology students on is the perancah learning model.Students work in a group called to observe any information, data, and symbols that is in a media shown after the solution of the problem.
Tujuan penelitian ini adalah untuk penerapan model pembelajaran scaffolding dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran Sosiologi di kelas X SMA N 1 Banjar Agung. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa upaya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran Sosiologi dapat dilakukan dengan penerapan model pembelajaran Scaffolding. Siswa bekerja dalam kelompok diajak untuk mengamati berbagai informasi, data, dan simbol yang terdapat pada media yang ditampilkan kemudian mencari solusi dari permasalahan yang terjadi tersebut.
Kata kunci: scaffolding,kemampuan berpikir kritis, sosiologi
Full Text:
PDFReferences
Arikunto. 2012. Cooperative Learning: Metode, Teknik, Struktur dan Model Terapan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Djaali. 2012. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif), Bandung: Yrama Widya.
Hamruni. 2012. Strategi Pembelajaran, Yogyakarta: Insan Madani.
Komalasari. 2007. Profesionalisasi Guru dan Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung Persada.
Muntoha, Happy Dwi Yunia. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Make A Match untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMAN 14 Semarang. Economic Education Analysis Journal. Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. (Vol. 2. No. 2 Tahun 2013).
Novitasari. 2015. Penerapan Model Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Sosial. Jurnal Studi Sosial. Program Studi Pendidikan IPS. FKIP Universitas Lampung. (Vol. 3 No. 1 Tahun 2015)
Pargito. 2010. Penelitian Tindakan. Lampung: Anugrah Utama Raharja.
Pargito. 2011. Penilaian Berbasis Kelas (Clasroom Based Assesment). Lampung: Universitas Lampung.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 69 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah.
Permendiknas No.22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk. Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Depdiknas: Jakarta.
Soemanto. 2006. Menjelajah Pembelajaran Inovatif, Bandung: Masmedia Buana Pustaka.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods), Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih dan Syaodih, Erliana. 2012. Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi, Bandung: Refika Aditama.
Usman. 2006. Model Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Kooperatif, Yogyakarta: Depdiknas.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjss.v7i1.18312
Refbacks
- There are currently no refbacks.

The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia