Perbandingan Keterampilan Sosial Antara Penggunaan Model Jigsaw dan TSTS Dengan Minat Belajar

Dwiana Arista, Sudjarwo Sudjarwo, Trisnaningsih Trisnaningsih

Abstract


This study aimed to determine the differences of social skills in which the  learning using Jigsaw and TSTS models with interest in learning. the research used an experimental method with a comparative approach. The technique in collecting data used observation and questionnaires. The results showed that there were differences in social skills between the students who learned using the Jigsaw learning model compared to those who learned the TSTS model. Social skills of students who learned using the Jigsaw learning model were higher than students who learned using TSTS with high interest in learning. The social skills of the students who learned using Jigsaw is lower than TSTS in students who have a low interest in learning, There is an interaction between the Jigsaw learning model and TSTS with students' learning interest in social skills.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan sosial yang pembelajarannya menggunakan model Jigsaw dan TSTS dengan minat belajar. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pendekatan komparatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan keterampilan sosial antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Jigsaw dibandingkan yang pembelajarannya menggunakan model TSTS, Keterampilan sosial siswa yang pembelajaranya menggunakan model pembelajaran Jigsaw lebih tinggi dibandingkan TSTS pada siswa yang memiliki minat belajar tinggi, Keterampilan sosial siswa yang pembelajarannya menggunakan model Jigsaw lebih rendah dibandingkan TSTS pada siswa yang memiliki minat belajar rendah, Ada interaksi antara model pembelajaran Jigsaw dan TSTS dengan minat belajar siswa pada keterampilan sosial.

 

Kata kunci: keterampilan sosial, jigsaw, tsts, minat belajar

 


Full Text:

PDF

References


Gimpel, & Merrel. 1998. Social Skill of Children and Adolescents : Conceptualization, Assessment, Treatment. New Jersey : Lawrence Erbaum Associates Publisher.http://www.questia.com/PM.qst?a=o&d=27773641. Diakses 14 Mei 2016. pukul 14:00 WIB

Kusumaningtyas, Venti Widhiawatie. 2010. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw untuk meningkatkan Minat Belajar Siswa Mata pelajaran IPS kelas VIII C SMP N 2 Nganglik. eprints.uny.ac.id. Jurnal Pendidikan IPS Vol. 2 Tahun 2010. UPI. diakses 28 Januari 2017. Pukul 18 : 30 WIB

Maryani, Enok. 2011. Pengembangan Program Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial. Bandung:Alfabeta.

Mulyana, Ujang. 2014. Peningkatan hasil belajar kognitif dan keterampilan sosial pada mata pelajaran IPS melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Repository.upi.edu/13306/. Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 2 Tahun 2014. UPI. diakses 2 Januari 2017. Pukul 18 : 15 WIB

Parsons, Les. 2006. Bullied Teacher Bullied Student. Jakarta:Grasindo.

Riskimana.2016. Meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar siswa melalui model Two Stay Two Stray. Repository.upi.edu/13306/. Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 2 Tahun 2014. UPI. diakses 28 Januari 2017. Pukul 18 : 30 WIB

Rusman. 2012. Model-model pembelajaran. Jakarta:Raja Grafindo persada.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:Alfabeta.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta:Rineka Cipta.

Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning. Jakarta:Pustaka Belajar.

Trianto.2007.Model-Model Pembelajaran Inovatif, Jakarta:Prestasi Pustaka.

Wahyuningrum, Reny. 2010. Peningkatan Minat Belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui pendekatan kooperatuf teknik Jigsaw pada siswa kelas IV SD Negeri Sendang Kalinyamatan Jepara.lib.unnes.ac.id. Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 2 Tahun 2010. UPI. diakses 28 Januari 2017. Pukul 12 : 30 WIB




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjss.v6i1.17977

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia