PENGEMBANGAN MEDIA PETA PUZZEL DALAM PEMBELAJARAN IPS MADRASAH IBTIDAIYAH USWATUN HASANAH MERAMBUNG

Saifullah Saifullah, Pargito Pargito, Darsono Darsono

Abstract


The objective of this research is to fine a media of instructional such as puzzle map Lampung Province to be applied in social studies learning. Approach the used is Researchand and Development (R&D). Result so fresearch and development are: Instructional media named puzzlemap Lampung provincein 2013th, Puzzle shapes are applied is jigsaw puzzle, Consists of a mappuzzle piecesdistricts/cities throughout theprovince ofLampung. Map Lampung provincein 2013 can be presented vertically andhorizontally. Mappuzzle according to Jean Piaget's theory of development, materialin the form of map elements and the conditions that existin the map with the coordinates of point accuracy and proper scale. Mappuzzle to be used primarily in the Basic Competency, “Readmapslocal neighborhood (district/city, province) using asimplescale". Instructional mediapuzzle map efefktif over the process and the learning outcomes of usingnormal maps.

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa peta puzzle provinsi Lampung untuk diterapkan pada pembelajaran IPS. Hasil dari penelitan pengembangan ini adalah: Media pembelajaran diberi nama media pembelajaran peta puzzle provinsi Lampung tahun 2013. Bentuk puzzle yang diterapkan adalah jigsaw puzzle.Potongan puzzle terdiri atas peta kabupaten/kota yang tersebar di provinsi Lampung dan syarat dan ketentuan yang ada pada peta.  Peta provinsi Lampung tahun 2013 dapat disajikan secara vertikal dan horizontal. Peta puzzle sesuai dengan teori perkembangan Jean Piaget, materi peta berupa unsur-unsur dan syarat-syarat yang ada dalam peta dengan akurasi titik koordinat dan skala yang tepat. Peta puzzle dapat digunakan pada Kompetensi Dasar “Membaca peta lingkungan setempat (kabupaten/kota, provinsi) dengan menggunakan skala sederhana“. Media pembelajaran peta puzzle lebih efefktif terhadap proses dan hasil belajar peserta didik daripada menggunakan peta biasa.

Kata kunci: peta puzzle, efektif terhadap proses, hasil belajar


Full Text:

PDF

References


Masitoh. Laksmi Dewi. 2009. Strategi Pembelajaran. Dirjen Pendis Depag RI. Jakarta. 294 hlm

MI Uswatun Hasanah Merambung. 2011. KTSP MI Uswatun Hasanah Merambung. MIUH.Kalianda.

Pargito. 2009. Penelitian dan Pengembangan bidang Pendidikan. Bandar Lampung. Universitas Lampung. 79 hlm.

Pargito. 2010. Dasar-dasar IPS.FKIP Universitas Lampung.Bandar Lampung. 85 hlm

Sutopo, Hadi. 2008. Pengembangan model Pembelajaran pembuatan aplikasi multimedia game Puzzel pada mata kuliah Multimedia: sebuah Proposal Disertasi. Jakarata.Universitas Negeri Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjss.v1i3.1712

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia