Penerapan Model Poblem Possing Untuk Meningkatkan Minat Belajar Akutansi Siswa Kelas X SMK

nuraini nuraini, Sudjarwo Sudjarwo, Pargito Pargito

Abstract


The purpose of this research is to know the interest and the result of the students’ accounting cognitive learning by using problem posing learning model. This research is an action research. The activity of this research was conducted a number of three cycles. The subject of this research was the students’ of accounting tenth grade SMK a number 35 students. The data collecting technique used observation learning activity sheet with seven indicators of success namely The data of observation result and formative test on each cycle become the basic or repair material on the next cycle. The result of research show that : there is improvement of learning interest and result of the students’ cognitive learning on each cycle. After using model in learning problem posing accounting subject.  

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat dan hasil belajar kognitif Akutansi siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing. Kegiatan penelitian ini dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Subjek penelitian adalah seluruh siswa di kelas X Akutansi SMK sebanyak 35 siswa. Alat pengumpulan data menggunakan lembar pengamatan aktivitas belajar dengan 10 indikator  keberhasilan.  Data dari hasil observasi dan tes formatif pada setiap siklus menjadi dasar atau bahan perbaikan pada siklus berikutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat peningkatan minat belajar dan hasil belajar kognitif siswa disetiap siklus.

Kata Kunci : Minat belajar, akuntansi, problem posing.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara: Jakarta.

Dahar, Wilis, Ratna.2003. Teori-Teori Belajar. Depdikbud.Jakarta.

Gie. The Liang. 1998. Cara Belajar yang Efisien Jilid I. Yogyakarta: Pusat Belajar Ilmu Berguna.

Hamalik, Oemar. 2003. Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta.

Kardi, Nur. 2007. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Ghalia Indonesia. Bogor.

Pargito. 2010. Penelitian Tindakan Bagi Guru dan Dosen. AURA. Bandar Lampung

Sapriya. 2009. Pendidikan IPS. PT. Rosda. Bandung.

Sardiman. 2000. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT. Grafindo Persada: Jakarta.

Siskawati, Maya. 2016. Pengembangan Media Monopoli untuk meningkatkan Minat Belajar Geografi Siswa. Program pasca Sarjana Magister Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas lampung. Bandar Lampung.

Suwardjono. 2001. Akuntansi dan Pengantar (Konsep Penyelesaian Laporan, Pendekatan Sistem dan Terpadu) Bagian 1. Penerbit BPFE. Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjss.v6i1.17116

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia