HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA MENGGUNAKAN MODEL TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION DAN MODEL TGT

Eliyawati Eliyawati, Pargito Pargito, Iskandar Syah

Abstract


This research was conducted to determine: differences in learning outcomes between teaching history using TAI and TGT models. The method used is the quasi-experimental design. The results showed: (1) there are differences in learning outcomes interoperability and between models early history, (2) there are differences in learning outcomes between teaching history using TAI and TGT models, (3) there are differences in learning outcomes between the ability of the early history of the high and low; (4) no interaction between models learning with prior knowledge of the student learning outcomes, (5) no difference in the average outcomes study history using the TGT model of TAI and capable students who start high, (6) there was no difference in average learning outcomes history by using a model of TAI and TGT on initial low-capable students.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: perbedaan hasil belajar sejarah antara pembelajaran yang menggunakan model TAI dan TGT. Metode yang digunakan yaitu dengan desain eksperimental semu. Hasil penelitian menunjukan: (1) ada perbedaan hasil belajar sejarah antarmodel dan antarkemampuan awal; (2) ada perbedaan hasil belajar sejarah antara pembelajaran yang menggunakan model TAI dan TGT; (3) ada perbedaan hasil belajar sejarah antara kemampuan awal tinggi dan rendah; (4) ada interaksi antarmodel pembelajaran dengan kemampuan awal terhadap hasil belajar siswa; (5) ada perbedaan rata-rata hasil belajar sejarah dengan menggunakan model TAI dan TGT pada siswa yang berkemampuan awal tinggi; (6) tidak ada perbedaan rata-rata hasil belajar sejarah dengan menggunakan model TAI dan TGT pada siswa yang berkemampuan awal rendah.

Kata kunci: model pembelajaran, kemampuan awal, hasil belajar


Full Text:

PDF

References


Astuti. 2007. Perbedaan Motivasi Berprestasi dan Hasil Belajar Siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Induktif dan Model Pembelajaran Konvensional Siswa SMPN 2 Bandar Lampung (Tesis). Bandar Lampung: UNILA.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aan Zein. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Kartadiyat A. 2009. Ilmu Sejarah Dalam Perspektif Ilmu Sosial. Yogyakarta.

Kerlinger. 2000. Analisis Varian Desain Faktorial. (Online) (http://staff.unila.ac.id/radengunawan/category/mk2/, diakses tanggal 17 September 2011).

Muslich, Masnur. 2008. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjss.v1i3.1654

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia