UPAYA PEMBENTUKAN PERILAKU BELAJAR DEMOKRATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING

Walriati Walriati, Pargito Pargito, Irawan Suntoro

Abstract


This classroom action research aimed to describe (1) problem solving lesson plan, (2) problem solving lesson implementation and (3) democratic learning behavior through problem solving model. This classroom action research conducted three cycles to establish democratic learning behavior. The data collecting techniques were observation, photo documentation and interview as base to interpret research result in each cycle. This research result showed (1) problem solving model lesson plan could establish democratic learning behavior, (2) problem solving lesson implementation could establish democratic learning behavior and (3) problem solving model lesson could establish democratic learning behavior.

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) perencanaan pembelajaran problem solving, (2) pelaksanaan pembelajaran problem solving dan (3) perilaku belajar demokratis  menggunakan model pembelajaran problem solving. Metode yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus untuk membentuk perilaku belajar demokratis. Alat pengumpul data yaitu observasi, dokumentasi foto dan wawancara hal dilakukan sebagai dasar untuk menginterpretasi hasil penelitian di setiap siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) perencanaan pembelajaran model problem solving dapat membentuk perilaku belajar demokratis, (2)  Pelaksanaan pembelajaran problem solving dapat membentuk perilaku belajar demokratis dan (3) pembelajaran model problem solving dapat membentuk perilaku belajar demokratis.

Kata kunci: perilaku belajar demokratis, problem solving


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu, Widodo S. 2008. Psikologi Belajar. Solo: Rineka Cipta.

Arini, Yusti. 2009. Model Pembelajaran Kooperatif Problem Solving. (Online). Tersedia:http://yusti-arini.blogspot.com/2009/08/model-pembelajaran kooperatif.html, (diakses pada 12 mei 2012).

Anonim. 2013. Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) dan Aplikasinya Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Proses Pembelajaran. (Online). Tersedia:http://jaul4blog.blogspot.com/2013/02/modelpembelajaran creative-problem.html, (diakses pada 12 desember 2012).

Budimansyah, Dasim dan Komalasari, Kokom. 2011. Pendidikan Karakter: Nilai Inti Bagi Upaya Pembinaan Kepribadian Bangsa. Bandung: Widya Aksara Press.

Majid, Abdul. 2006. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pargito. 2011. Penelitian Tindakan Bagi Guru dan Dosen. Bandar Lampung: Anugrah Utama Raharja.

Winataputra, Udin.S. 2003. Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Wahana Sistematik Pendidikan Demokrasi:Paradigma Baru Dalam Era Reformasi. Makalah Seminar Nasional Jurusan PPKn, FIP Universitas Negeri Malang.

----------------- 2009. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wardahani, IGAK. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Universitas Terbuka




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjss.v1i3.1518

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia