Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Dan Kemampuan Memecahkan Masalah

Mala Rusdawati, Darsono Darsono, Pujiati Pujiati

Abstract


This aims to determine the improvement of cognitive learning outcomes and problem-solving skills. Learning model used is problem based learning.This study is a classroom action research consisting of three cycles.The subject of this research is the students of class VIII in Gunadharma Junior High School Bandar Lampung, which amounts to 25 people. Data collection techniques used include observation, interviews and tests. The results showed an increase per cycle. In the first cycle cognitive learning results increased by 64%, and in the second cycle increased by 72%. Next on the third cycle reached 84%. The increase also occurred in problem solving ability seen in the first cycle of 60%, on the second cycle of 68%. Furthermore, in the third cycle of 80% means that in cycle III both the ability to solve problems and cognitive learning outcomes of students has achieved an indicator of achievement that is ? 75% of the number of students of class VIII.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif dan kemampuan memecahkan masalah. Model pembelajaran yang digunakan adalah pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Gunadharma Bandar Lampung yang berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara dan tes. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan per siklusnya. Pada siklus I hasil belajar kognitif mengalami peningkatan sebesar 64%, dan pada siklus II meningkat sebesar 72%. Selanjutnya pada siklus III mencapai 84%. Peningkatan juga terjadi pada kemampuan memecahkan masalah terlihat pada siklus I sebesar 60%, pada siklus II sebesar 68%. Selanjutnya pada siklus III sebesar 80% artinya pada siklus III baik kemampuan memecahkan masalah dan hasil belajar kognitif siswa telah mencapai indikator ketercapaian yaitu ? 75% dari jumlah siswa kelas VIII.

Kata kunci: model pembelajaran, hasil belajar kognitif.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Darsono, Max. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang:IKIP Semarang Press.

Dimyati, Mudjono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung:Sinar Baru.

Meliyani. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMK.

Pargito. 2011. Penelitian Tindakan Bagi Guru dan Dosen. Bandar Lampung : AURA.

Rusman. 2010. Seri Manajemen Bermutu Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta:PT. Raja Grafindo.

Sanjaya, Wina. 2006. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulun Berbasis Kompetensi. Jakarta:Kencana.

Sapriya. 2009. Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung:Rosda.

Sardiman. 2000. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:Raja Grafindo Persada.

Wena, Made. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Malang:Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjss.v5i4.14399

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia