Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Dan Kemampuan Memecahkan Masalah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif dan kemampuan memecahkan masalah. Model pembelajaran yang digunakan adalah pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Gunadharma Bandar Lampung yang berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara dan tes. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan per siklusnya. Pada siklus I hasil belajar kognitif mengalami peningkatan sebesar 64%, dan pada siklus II meningkat sebesar 72%. Selanjutnya pada siklus III mencapai 84%. Peningkatan juga terjadi pada kemampuan memecahkan masalah terlihat pada siklus I sebesar 60%, pada siklus II sebesar 68%. Selanjutnya pada siklus III sebesar 80% artinya pada siklus III baik kemampuan memecahkan masalah dan hasil belajar kognitif siswa telah mencapai indikator ketercapaian yaitu ? 75% dari jumlah siswa kelas VIII.
Kata kunci: model pembelajaran, hasil belajar kognitif.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Darsono, Max. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang:IKIP Semarang Press.
Dimyati, Mudjono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung:Sinar Baru.
Meliyani. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMK.
Pargito. 2011. Penelitian Tindakan Bagi Guru dan Dosen. Bandar Lampung : AURA.
Rusman. 2010. Seri Manajemen Bermutu Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta:PT. Raja Grafindo.
Sanjaya, Wina. 2006. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulun Berbasis Kompetensi. Jakarta:Kencana.
Sapriya. 2009. Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung:Rosda.
Sardiman. 2000. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:Raja Grafindo Persada.
Wena, Made. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Malang:Bumi Aksara.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjss.v5i4.14399
Refbacks
- There are currently no refbacks.
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia