Perbandingan Keterampilan Sosial Menggunakan Model TT dan JIGSAW II Memperhatikan Kecerdasan Emosional
Abstract
The purpose of this research was to find out the effectiveness of social skill of students using TT and Jigsaw II learning model by emotional quotient. The method used was quasi experiments. Population in this research is all student of class VIII SMP Dwi Pangga Bandar Lampung in 2016/2017 Academic Year and the sample 69 students with determined by random cluster sampling technique. Data collection techniques using social skill observation and emotional quotient questionnaires. The result of the research showed that there are differences of students' social skills between TT learning model and Jigsaw II model on Integrated Social Studies subjects, social skills learning using TT learning model is better than using Jigsaw II learning model for students who have high emotional quotient In Integrated Social Studies subjects, social skills learning using Jigsaw II learning model is better than those using TT learning model for students who have low emotional quotient on Integrated Social Studies subjects, there is interaction between the use of learning model with emotional quotient on the subjects of social studies Integrated.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas keterampilan sosial siswa yang menggunakan model pembelajaran TT dan Jigsaw II dengan memperhatikan kecerdasan emosional. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Dwi Pangga Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017 dan sampel 69 siswa yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi keterampilan sosial dan angket kecerdasan emosinal. Pengujian hipotesis menggunakan anava dan t-test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan keterampilan sosial siswa antara model pembelajaran TT dan model Jigsaw II pada mata pelajaran IPS Terpadu, keterampilan sosial yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran TT lebih baik dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw II bagi siswa yang memiliki kecerdasan emosional tinggi pada mata pelajaran IPS Terpadu, keterampilan sosial yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Jigsaw II lebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran TT bagi siswa yang memiliki Kecerdasan emosional rendah pada mata pelajaran IPS Terpadu, terdapat interaksi antara penggunaan model pembelajaran dengan kecerdasan emosional pada mata pelajaran IPS Terpadu.
Kata kunci : keterampilan sosial, model TT, model jigsaw II, kecerdasan emosional.
Full Text:
PDFReferences
Defryana Eka Susanti. 2015. Efektivitas Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Menggunakan Model Pembelajaran Problem Posing dan Problem Solving dengan Memperhatikan Kecerdasan Emosional (EQ) Siswa Kelas VIII SMPN 3 Pekalongan Tahun Pelajaran 2014/2015. Universitas Lampung: Bandar Lampung. Skripsi
Desi Fatmawati. 2015. Efektivitas model pembelajaran Time Token dan TS-TS dalam meningkatkan keterampilan sosial dengan memperhatikan Kecerdasan Spiritual. Universitas Lampung: Bandar Lampung. Skripsi
Desi Gita Andriani. 2013. Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II Dan Think Pair Share Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional Siswa SMP Se-Kota Kediri Tahun Pelajaran 2012/2013. Universitas Sebelas Maret: Kediri. Tesis. http://www.jurnal.pasca.uns.ac.id (diakses pada 10 september 2016)
Faturrahman, Iif Khoiru Ahmadi, Sofan Amri, dan Hendro Ari Setyono. 2012. Pengantar Pendidikan. PT. Prestasi Pustakarya: Jakarta.
Goleman, Daniel. 2000. Emotional Intelligence: Mengapa EI Lebih Penting Dari Pada EQ, terj. Hermaya, Gramedia: Jakarta
Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
Ibrahim, Muslimin dan Nur Mohamad. 2005. Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Pusat Sains dan Matematika Sekolah Universitas Negeri Surabaya: Surabaya.
Maryani. 2011. Pengembangan Program Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial. Alfabeta: Bandung.
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta: Bandung
Sukardi. 2008. Evaluasi Pendidikan Prinsip & Operasionalnya. Bumi Aksara: Bandar Lampung.
Yusmairita. 2015. Study Perbandingan Keterampilan Sosial Melalui Model Time Token Arends (TTA) dan Jigsaw pada Mata Pelajaran IPS Terpadu. Universitas Lampung: Bandar Lampung. Skripsi
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjss.v5i3.13960
Refbacks
- There are currently no refbacks.
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia