Pengembangan Modul Pembelajaran Geografi Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Siswa

Lisda Mastina, Darsono Darsono, Een Yayah Haenilah

Abstract


The objective of this research was to develop learning material, that was a geography learning module based on inquiry learning to improve the argumentation ability of students in class XI ISOS which have proper, practical and effective criteria. The research used research and development with the experiment of one group pretest-postest design, the reasearch population was students of class XI ISOS SMAN 1 Kibang, the samples were 52 students, the samples were taken by cluster sampling technique, the data were taken by argumentation test, observation and inquiry sheet, the technique of analysis was used gain score, t-test and presentation. The result of the research showed that geography learning module based on inquiry with antroposfer materials has fulfilled proper, practical and effective criteria in improve students argumentation ability by applying inquiry learning model.

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar modul pembelajaran geografi berbasis inkuiri untuk meningkatkan kemampuan berargumentasi siswa kelas XI ISOS yang memiliki kriteria layak, praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (research and development) dengan eksperimen menggunakan desain one group pretest-postest, populasi penelitian adalah siswa SMA kelas XI ISOS SMAN 1 Kibang, sedangkan sampel diambil sebanyak 52 siswa, pengambilan sampel dengan teknik cluster sampling, data diperoleh melaui tes argumentasi, observasi, dan lembar angket, teknik analisis data menggunakan gain score, t-tes, dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran geografi berbasis inkuiri dengan materi antroposfer telah memenuhi kriteria layak, praktis dan efektif dalam meningkatkan argumentasi siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri.

Kata Kunci: modul, pembelajarn inkuiri, argumentasi


Full Text:

PDF

References


Acar, O. dan Patton, B.R. 2012. Argumentationand formal reasoning skills in an argumentationbased guided inquiry course. Social and Behavioral Sciences, 46, pp. 4756-4760. Diakses 17 juni 2016, 19.00 WIB

Mulyatiningsih Endang. 2015. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Alfabeta, Yogyakarta

Osbome, J., Eduran, S., & Simon, S., 2004. Enanching The Quality of Argumentation in School Science, Journal of Research in Science Teaching 41 (10), 994-1020. Diakses 25 Juli 2016, 17.00 WIB

Permendikbud No 22 Tahun 2016

Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Diva Press, Yogyakarta

Sariono. 2013. Kurikulum 2013: Kurikulum Emas. E-Jurnal Dinas Pendidikan Kota Surabaya, 3. 1-9

Sudarman, L, G. 2008. Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Berbasis Sains Lingkungan-Teknologi-Masyarakat (Salingtemas) Untuk SMP Kelas VII Semester 1. Pembelajaran Fisika blogspot.com//pengembangan-bahan-ajar-ipa-terpadu.html. Diakses tanggal 3 juni 2016, 21.00 WIB

Syah, Muhibbin. 2005. Psikologi Pendidikan dengan Pendekaran Baru. Edisi Revisi. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung

Toulmin, S. 2003. The Uses of Argument; Update Edition. Cambridge, England: Cambridge University Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjss.v5i3.13750

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia