Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flash untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa

Febby Rullya Rasyid, Sudjarwo Sudjarwo, Trisnaningsih Trisnaningsih

Abstract


The purpose of this research was to know the effectiveness of Flash-based learning media in improving students' interest in learning. The method used in this research was Research and Development, with the development step of Borg and Gall and ASSURE model. The results of the assessment of material experts, learning media, language and student users, it could be said that Flash-based learning media development results were good and appropriate. So that Flash-based learning media product development is feasible to be used in learning Sociology in SMA Negeri 4 Bandar Lampung. Flash-based learning media effectively used in learning subjects Sociology in SMA Negeri 4 Bandar Lampung. Effectiveness Flash-based learning media is known based on increased interest in learning. This can be seen on average student's learning interest using Flash-based learning media compared with students who do not use Flash-based learning media.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran berbasis Flash dalam meningkatkan minat belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development, dengan langkah pengembangan Borg and Gall dan menggunakan model ASSURE. Hasil penilaian ahli materi, media pembelajaran, bahasa dan siswa pengguna, dapat dikatakan bahwa Media pembelajaran berbasis Flash hasil pengembangan baik dan sesuai. Sehingga produk Media pembelajaran berbasis Flash hasil pengembangan layak digunakan dalam pembelajaran Sosiologi di SMA Negeri 4 Bandar Lampung. Media pembelajaran berbasis Flash efektif digunakan pada pembelajaran mata pelajaran Sosiologi di SMA Negeri 4 Bandar Lampung. Efektivitas Media pembelajaran berbasis Flash diketahui berdasarkan peningkatan minat belajar. Hal ini dapat dilihat rata-rata minat belajar siswa yang menggunakan Media pembelajaran berbasis Flash dibandingkan dengan siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran berbasis Flash.

Kata kunci : pengembangan, minat belajar, flash


Full Text:

PDF

References


Ahmadi. 2014. Media Pegenalan Benua ASIA Tenggara dengan Adobe Flash CS6. ?http://repository.usu.ac.id. Diakses tanggal 29 Mei 2015

Arsyad A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers.

Aqib Z. 2014.Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Jakarta: Yrama Widya.

Borg W.R. and Gall M.D. 2003. Educational Research An Introduction. London ; LongmanInc.

Hidayatullah P. Amrullah Akbar dan Zaky Rahim.2011. Animasi Pendidikan menggunakan Flash.Informatika. Bandung

Sanjaya W. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada media Group.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjss.v5i2.13458

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia