PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL DI KELAS VII SMP

Dwinta Octiara, M. Thoha B. Sampurna Jaya, Darsono Darsono

Abstract


This study aims to produce products in the form of teaching materials on IPS lessons and know the effectiveness of the use of teaching materials IPS to improve students' social skills. The research method used is Research and Development Data analysis techniques using t test to test the effectiveness of the product. The result of the research shows 1) the assessment of teaching material experts, learning material experts, Indonesian linguists and learners of the products to be developed, after revision, the product is declared eligible to be used as well as assisting the IPS learning process. 2) The average of obeservices of social skills of students in experimental class using IPS development of higher learning materials than control class using conventional method, coefficient value t counted 6,820 and t table equal to 2,045. So that learning by using the development of teaching materials IPS effective to improve students' social skills.

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar pada pelajaran IPS dan mengetahui efektivitas penggunaan bahan ajar IPS untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) Teknik analisis data menggunakan t test untuk menguji efektivitas produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penilaian ahli bahan ajar, ahli materi pembelajaran, ahli bahasa Indonesia dan peserta didik terhadap produk yang akan dikembangkan, setelah melalui revisi maka produk dinyatakan layak untuk digunakan serta membantu proses pembelajaran IPS. 2) Rata-rata obeservasi keterampilan sosial siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan pengembangan bahan ajar IPS lebih tinggi dari pada kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional, nilai koefisienal t hitung sebesar 6,820 dan t tabel sebesar 2,045. sehingga pembelajaran dengan menggunakan pengembangan bahan ajar IPS efektif untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa.

Kata kunci: Bahan ajar IPS, Keterampilan sosial, Pengembangan.


Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. 2009. Media Pembelajaran. Rajawali Pos. Jakarta.

Maryani, Enok. 2011. Pengembangan Program Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Kompetensi Keterampilan Sosial. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Nasution, S. 2004. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Bandung.

Purwanto, Aristo Rahadi dan Suharto Lasmono. 2007. Pengembangan Modul Seri Teknologi Pembelajaran. Depdiknas. Jakarta.

Saifuddin, 2015. Pengelolaan Pembelajaran Teoritis dan Praktis. CV Budi Utama. Jakarta

Sugiyo. 2005. Komunikasi Antar Pribadi. Press. Semarang

Sudjana, Nana dan Rivai, Ahmad. 2010. Media Pengajaran. Sinar Baru. Bandung.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Depdiknas: Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjss.v5i2.12763

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia