PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN MODEL JIGSAWII DAN GI DENGAN MEMPERHATIKAN PENUGASAN

Nourma Siti Aisyah, Edy Purnomo, Pujiati Pujiati

Abstract


The aim of research to determine differences in economic learning outcomes of students using model Jigsaw II and GI with due regard to the assignment of projects and portfolio. The method used comparative experimental approach to study population of 102 students with a sample of 67 students was determined by random cluster sampling. Data collection techniques through tests. Data were analyzed using two-way ANOVA and t test. The results showed no difference in outcomes studied economics student using learning model Jigsaw II with GI, there are differences in learning outcomes of economics students were given the assignment of the project portfolio, there are differences in the interaction of the learning model with type of assignment to the learning outcomes, learning outcomes economics student using Jigsaw II higher than GI on students who were given the assignment of the project.

Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ekonomi siswa yang menggunakan model pembelajaran Jigsaw II dan GI dengan memperhatikan penugasan proyek dan portofolio. Metode yang digunakan komparatif dengan pendekatan eksperimen Populasi penelitian sebanyak 102 siswa dengan jumlah sampel 67 siswa yang ditentukan dengan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data melalui tes. Teknik analisis data menggunakan anova dua jalan dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan hasil belajar ekonomi siswa yang menggunakan model pembelajaran Jigsaw II dengan GI, ada perbedaan hasil belajar ekonomi siswa yang diberi penugasan proyek dengan portofolio, ada perbedaan interaksi model pembelajaran dengan jenis penugasan terhadap hasil belajar, hasil belajar ekonomi siswa yang menggunakan model pembelajaran Jigsaw II lebih tinggi dibandingkan GI pada siswa yang diberi penugasan proyek, hasil belajar ekonomi siswa menggunakan pembelajaran Jigsaw II lebih rendah dibandingkan GI pada siswa yang diberi penugasan portofolio.

Kata kunci : Hasil belajar analisis, model Jigsaw II dan GI.



Full Text:

PDF

References


Anderson Lorin W. Dan David R. Krathwohl. 2015.Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran , Pengajaran, dan Assesment (Terjemahan oleh Agung Prihantoro).Pustaka Pelajar.Yogyakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta. 370 Halaman.

Doymus, Kemal. 2008.Teaching Chemical Equilibrium with the Jigsaw Technique. Journal Education.Vol 38 Issue 2 PP 249-260. http://link.springer.com/article/10.1007/s11165-007-9047-8#page-1

Evcim Huseyin, 2012 Effects of Jigsaw II on Academic Achievement in English Prep Classes. Abant Izzet Baysal University.

Herpratiwi. 2009. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Universitas lampung. Bandar lampung. 120 halaman

Huda, Miftahul. 2013. Model Model Pengajaran dan pembelajaran (isu-isu, metodis dan paradigmatis). Pustaka pelajar.Malang. 358 halaman

Purnomo, Edy. 2016. Penilaian Dalam Pembelajaran. Universitas Lampung. Lampung.201 Halaman.

Purwanto, Sigid Edy. 2006. Penggunaan Model Assesment Portofolio Dalam Penilaian Proses dan Hasil Belajar Program Linier. Universitas Muhamadiyah.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Raja Grafindo Persada. Jakarta418 Halaman

Sardjoko, Tri.2011. Tesis: Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together dan group investigation pada prestasi belajar matematika ditinjau dari motivasi berprestasi siswa SMA di kabupaten Ngawi. Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Slavin, E. Robert. 2008. COOPERATIVE LEARNING: Teori, Riset, dan Praktik. (Penterjemah: Nurulita Yusron dan Dr. Zubaedi). Nusa Indah. Bandung.

Sudjana, Nana. 2004. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algesindo. Bandung.

Trianto. 2011. Mendesain model Pembelajaran Inovatif Progresif. Kencana. Jakarta. 375 halaman.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjss.v5i2.12476

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia