PERBANDINGAN KEMAMPUAN MENYUSUN LAPORAN KEUANGAN MENGGUNAKAN MODEL JIGSAW II DAN MODEL TSTS

Purnama W Turnip, Edy Purnomo, Darsono Darsono

Abstract


This research was a case where the low ability preparing financial reports trading companies class XII high schools 1 Natar. The research is namely to know of students ability to preparing financial reports trading companies using learning model cooperative type jigsaw II higher than the two are learning model two stray. The methodology used is the factorial. Engineering data collection was carried out by a test. Analysis techniques data using analysis t. To the hypothesis 1 up to 7 both t test. The research results show that of students ability to preparing financial reports trading companies using learning model cooperative type jigsaw II higher than the two are learning model two stray. There are two a hypothesis that rejected the hypothesis 4 and 7 to the matter journal adjustments and matter draw up the price of a showed that learning model two stay two stray higher than learning model cooperative type jigsaw II.

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan menyusun laporan keuangan perusahaan dagang kelas XII SMA 1 Natar. Penelitian ini untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menyusun laporan keuangan perusahaan dagang dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II dibandingkan dengan model pembelajaran Two Stay Two Stray. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan eksperimen semu. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes. Teknik analisis data menggunakan analisis uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menyusun laporan keuangan perusahaan dagang berupa jurnal, buku besar, neraca saldo dan laporan Keuangan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran Two Stay Two Stray. Ada dua hipotesis yang ditolak yaitu hipotesis 4 dan 7 pada materi jurnal penyesuaian dan materi menyusun harga pokok penjualan menunjukan bahwa model pembelajaran Two Stay Two Stray lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II.

Kata kunci: model jigsaw II, model TSTS


Full Text:

PDF

References


Ahmadi. 2002. Psikologi Pendidikan dan Pengajaran. Teori dan Praktik. CAPS: Jogyakarta.

Djaali. 2012. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Erlangga: Jakarta.

Guilford, J.P. 1967. The nature of human intelligence. Mcgraw-Hill. Hergenhahn: New York.

Hayati, Siti. 2002. Pembelajaran Kooperatif yang Menggairahkan. Wahana Informasi dan Komunikasi Pendidikan TK dan SD Edisi 3.

Kamdi. 2007. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Ghalia Indonesia: Bogor.

Sapriya. 2009. Pendidikan IPS konsepdan Pembelajaran. Rosda: Bandung.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. RinekaCipta: Jakarta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta: Bandung.

Suyatno, 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Mas Media Buana Pustaka: Sidoarjo.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implemnetasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Kencana: Jakarta.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003,. Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Depdiknas: Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjss.v5i1.12406

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia