PENINGKATAN KETERAMPILAN DASAR MEMBACA PETA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING

Arief Budiman

Abstract


This research aimed to improve the basic skills of reading map by using problem based learning model. It is a classroom action reserach. The research activities were conducted into three cycles, each cycle consisted of planning, action, observation, and reflection, which aimed to improve the quality of learning. The subjects of this research were all of the students in the grade XII IPS 1 at MAN 1 Tanggamus in the academic year 2015/2016 with 32 students. The data collection instruments used are observation basic skill sheets of reading map. The data from the observation of each cycle become the basis or material improvement for the next cycle. In the first cycle the students who are good at reading map only 38%, in the second cycle the increase up to 59%, and in the third cycle they reached 84%. The results showed that using problem based learning model in teaching Geography has improvemed the basic skills of reading map.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dasar membaca peta dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Kegiatan penelitian ini dilaksanakan sebanyak tiga siklus, tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi, yang bertujuan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran. Subjek penelitian adalah seluruh siswa di kelas XII IPS 1 MAN 1 Tanggamus Tahun Pelajaran 2015/2016 sebanyak 32 siswa. Alat pengumpulan data menggunakan lembar pengamatan keterampilan dasar membaca peta. Data dari hasil observasi disetiap siklus menjadi dasar atau bahan perbaikan pada siklus berikutnya. Pada siklus pertama siswa yang terampil membaca peta hanya 38%, pada siklus kedua meningkat menjadi 59%, dan pada siklus ketiga mencapai 84%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan dasar membaca peta setelah menggunakan model pembelajaran problem based learning dalam pembelajaran Geografi.

Kata kunci: keterampilan dasar membaca peta, model pembelajaran problem based learning


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. Suhardjono. Supardi. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Hardjodipuro, Siswoyo. 1997. Action Research Sintesis Teoritik. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Isriani . 2012. Strategi Pembelajaran Terpadu (Teori,. Konsep, & Implementasi). Yogyakarta: Familia.

Nur. 2006. Model Pembelajaran Kooperatif. Departemen Pendidikan. Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. Jakarta.

Nurhayati. 2016. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers

Pannen, Paulina dan Purwanto. 2001. Penulisan Bahan Ajar. Jakarta: Pusat antar Universitas.

Pargito. 2011. Penelitian Tindakan Bagi Guru dan Dosen. Bandar Lampung: Anugrah

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun. 2005. tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Rusmono. 2012. Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sinaga, Maruli. 1999. Pengetahuan Peta. Yogyakarta: Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada.

Smith dan Ragan. 2002. Managing Performance People. Terjemahan. Jakarta: PT. Bhuana Ilmu Populer.

Slameto. 1992. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Somantri dan Huda, Miftahul. 2010. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sumaatmadja, Nursid. 1981. Studi Geografi : Suatu Pendekatan dan Analisa Keruangan. Bandung : Penerbit Alumni

.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjss.v5i1.12045

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia