PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Ermaita Ermaita, Pargito Pargito, Pujiati Pujiati

Abstract


This research while such problems low creative thinking skills students. The purpose of this research is the use of media crossword puzzle learning to improve creative thinking skills students. Procedures done in this report is written with planning stages, action, implementation, observation, and reflection for a decision making to further development. The results show that the successful use of media learning crossword puzzle on cycle I as yet successful by acquiring skill creative thinking of 60,71% .On the cycle II show success with results creative thinking skills students some very 82,14 % up 21,43 % the I .On the cycle iii has indicated success with the creative thinking skills students some very 88,4 % up 6,26 % from the cycle II .Thus research with the media uses crossword puzzle learning expressed successfully and research will truly receive to the cycle III.

Penelitian ini dilatar belakangi masalah rendahnya keterampilan berpikir kreatif siswa. Tujuan penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran crossword puzzle untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Prosedur yang dilakukan dalam penelitian ini dilakukan dengan tahapan perencanaan, tindakan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi untuk pengambilan keputusan guna pengembangan lebih lanjut. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa indikator keberhasilan penggunaan media pembelajaran crossword puzzle pada siklus I belum berhasil dengan memperoleh keterampilan berpikir kreatif sebesar 60,71%. Pada siklus II menunjukan keberhasilan dengan hasil penelitian keterampilan berpikir kreatif siswa memperoleh hasil 82,14% atau naik 21,43% dari siklus I. Pada siklus III telah menunjukan keberhasilan dengan hasil keterampilan keterampilan berpikir kreatif siswa memperoleh hasil 88,4% atau naik 6,26% dari siklus II. Dengan demikian penelitian dengan penggunaan media pembelajaran crossword puzzle dinyatakan berhasil dan penelitian dicukupkan sampai pada siklus III.

Kata kunci: crossword puzzle, berpikir kreatif, keterampilan, media pembelajaran


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2011. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.

Cahyo, Agus N. 2011. Berbagai Cara Latihan Otak dan Daya Ingat dengan Menggunakan Ragam Media Audio Visual. Jogjakarta: Diva Press.

Djamarah. Bahri, Syaiful. dan Zain, Aswan. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Filsaisme. 2008. Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: PT Penebar Swadaya.

Guilford, J.P. 1967. The Nature of Human Intelligence. New York: Mcgraw-Hill. Hergenhahn.

Johnson, Philip E. 2004. Bukan Cara Belajar Biasa; Fifty Nifty Ways; To Help Your Child Become a Better Learner. Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer.

Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Roestiyah, NK. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sumaatmadja, Nursid. 2001. Metodologi Pengajaran Geografi. Jakarta: Bumi Aksara.

Suyanto. 1997. Prosedur Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjss.v4i1.11523

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia