PENINGKATAN MINAT DAN AKTIVITAS BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MEDIA WAYANG KARDUS PADA SISWA
Abstract
This classroom action research aimed to describe the interest and learning activity and learning outcomes by using cardboard puppet as the media. Method used was classroom action research conducted in 3 cycles to increase the learning interest and learning activity. Data collection tools used were observation, photo documentation and testing, it was done as a basic for interpreting the results of the research of each cycle. Learning model by using cardboard puppet as media in learning Social Studies can increase the learning interest, learning activity and learning outcomes if learning process was conducted by using method which make students feel joyfull so that student can participate enthusiastically. Using cardboard puppet as media can improved the learning activity with focus on teacher explanation, enthusiasm in dealing with assignment, to ask questions and answer questions.
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan minat dan aktivitas belajar serta hasil belajar dengan menggunakan media wayang kardus. Metode yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan 3 siklus untuk meningkatkan minat dan aktivitas belajar. Alat pengumpul data yang digunakan antara lain observasi, dokumentasi foto dan tes, hal tersebut dilakukan sebagai dasar untuk menafsirkan hasil penelitian di setiap siklus. Model pembelajaran dengan menggunakan media wayang kardus dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan minat belajar, aktivitas belajar dan hasil belajar siswa jika proses pembelajaran yang dilakukan menggunakan metode yang dapat membuat siswa merasa senang sehingga siswa dapat mengikuti pelajaran dengan penuh semangat. Menggunakan media wayang kardus dapat meningkatkan aktivitas belajar dengan perhatian terhadap penjelasan guru, antusias dalam mengerjakan tugas, mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan.
Kata kunci: aktivitas belajar, media wayang kardus, minat
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Daryanto. 2011. Media pembelajaran. Bandung: Satu nusa.
Suparman, M. Atwi. 2012. Desain Instruksional Modern. Jakarta: Erlangga
Sadiman, Rahardjo, Haryono, Rahardjito. 2010. Media Pendidikan : Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Sagala, Syaiful. 2012. Konsep dan makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sardiman, A.M. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Taggart, Mc & Kemmis 1990. The Action Research Planner. Australia: Deakin University.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjss.v4i1.11172
Refbacks
- There are currently no refbacks.
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia