PEMBINAAN SEMANGAT NASIONALISME SISWA MELALUI KEGIATAN INRAKULIKULER DAN EKSTRAKULIKULER

Febra Anjar Kusuma, Darsono Darsono, Pargito Pargito

Abstract


This study aimed to determine the nationalism spirit of students through intra and extra-curricular activities. This study used a qualitative approach with case study method. Methods of data collection were using interviews, observation and documentation.The results of this study indicated that: Fostering the spirit of nationalism through intra-curricular and extracurricular in SMPN1 Pagelaran, Pringsewu is to integrate the principles contained in nationalism , namely (1) the principles of togetherness, (2) the principle of unity, (3) the principles of democracy. Intracurricular activity in fostering the spirit of nationalism of the students are by using learning methods of Civics by conducting discussions, observation and debriefing and through extracurricular activities which is dominant there were scouts, OSIS and sport to build character and personality to be a good citizens as well as to love the nation and the country through the development of attitudes and manners .

Penelitian ini bertujuan, untuk mengetahui pembinaan semangat nasionalisme siswa melalui kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode case study. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Pembinaan semangat nasionalisme melalui kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler di SMPN 1 Pagelaran Kabupaten Pringsewuyaitu dengan mengintegrasikan prinsip yang terkandung dalam nasionalisme yaitu (1) prinsip kebersamaan, (2) prinsip persatuan dan kesatuan, (3) prinsip demokrasi. Kegiatan intrakulikuler dalam membina semangat nasionalisme siswa yaitu menggunakan metode pembelajaran PKn dengan melakukan kegiatan diskusi, observasi dan tanya jawab dan melalui kegiatan ekstrakurikuler yang dominan yaitu pramuka, OSIS dan olahraga untuk membina watak dan kepribadian menjadi warganegara yang baik serta mencintai bangsa dan negaranya melalui pembinaan sikap dan tatakrama.

Kata kunci: kualitatif, pembinaan, semangat nasionalisme


Full Text:

PDF

References


Adha, Mona M, 2010. Model Project Citizen untuk Meningkatkan Kecakapan Kewarganegaraan pada Konsep Kemerdekaan Mengemukakan Pendapat. Tesis UPI Bandung: Tidak Diterbitkan.

Baehaqi, D. 2008. Pengembangan Warganegara Multikultural Implikasinya Terhadap Kompetensi Kewarganegaraan. Tesis UPI. Bandung: Tidak Ditebitkan.

Emzir. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: PT. Radja Grafindo Persada.

Moleong, Lexy, J. 2011. MetodologiPenelitianKualitatif. Bandung: PT Rosdakarya.

Nawawi, Hadari. 2001. Administrasi Sekolah. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Somantri, Numan. 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: Penerbit Remadja Rosda Karya.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Tindakan Pendekatan kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sutisna. 1983. Administrasi Pendidikan, Dasar Teoritika untuk Praktek Profesional. Bandung: Angkasa.

Wertheim, WF. 1999. Masyarakat Indonesia dalam Transisi, kajian Perubahan Sosial. Diterjemahkan oleh Misbah Zulfa Ellizabet. Yogyakarta: Tiara Wacana.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjss.v3i4.10959

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia