BAHAN AJAR KEWARGANEGARAAN BERKARAKTER BAGI SISWA KELAS VII
Abstract
This study aimed to produce teaching materials of citizenship that contains character values so it was expected that improvement in the behavior of self-learners. The method used was the development of teaching materials in the form of a text book of character. Research which was conducted produced the teaching materials products through several stages of testing and revised, are feasible to be used in the learning process in the citizenship. Assessment of the results of pre-test and post test learners, where the experimental class was using teaching materials assessment product was higher than the control classes use textbooks that existed previously. Analysis of the trial obtained coefficient t is greater than t table so that learning by using teaching materials characterized more effectively help improve the behavior of learners. The test results of assessing the effect size of products was different to the already existing.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar kewarganegaraan yang berisikan nilai-nilai karakter sehingga diharapkan terjadinya perbaikan perilaku pada diri peserta didik. Metode yang digunakan adalah pengembangan buku teks berbentuk bahan ajar berkarakter. Penelitian yang dilakukan menghasilkan sebagai berikut penilaian ahli materi, ahli desain dan ahli bahasa terhadap produk bahan ajar melalui beberapa tahapan uji dan mengalami revisi, dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran Kewarganegaraan. Penilaian terhadap hasil pre test dan post test peserta didik, dimana kelas eksperimen menggunakan bahan ajar hasil produk penilaiannya lebih tinggi jika dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan buku teks yang ada sebelumnya. Analisis ujicoba diperoleh nilai koofisien t hitung lebih besar dari t tabel sehingga pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar berkarakter lebih efektif membantu memperbaiki perilaku peserta didik. Hasil uji effect size menilai produk berbeda dengan yang telah ada.
Kata kunci: bahan ajar, nilai karakter, pkn
Full Text:
PDFReferences
Azzet, Ahmad Muhaimin. 2011. Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia. Jogjakarta:Ar-Ruzz Media.
Masnur, Muslich. 2011. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional, Jakarta: Bumi Aksara.
Megawati. 2011. Tantangan Pendidikan Karakter. Jakarta: Grasindo.
Narwanti, Sri. 2011. Pendidikan Karakter Pengintegrasian 18 Nilai Pembentuk Karakter Dalam Mata Pelajaran, Yogyakarta: Kamilia (Grup Relasi Inti Media).
Nursyahidah. 2009. Penelitian dan Pengembangan dalam Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. 2011. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfa Bet.
Widodo dan Jasmadi. 2008. Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT. Alex Media Komputindo.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjss.v3i4.10602
Refbacks
- There are currently no refbacks.

The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia