PENGARUH EQ INTERAKSI SOSIAL, PERSEPSI SUPERVISI, MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KINERJA MENGAJAR GURU

Iskandar Iskandar, Pargito Pargito, Sumadi Sumadi

Abstract


The objective of this research was to know the effect of emotional quotient within social interaction, principal supervision, and achievement motivation toward teaching quality teacher of SMA Negeri in Bandar Lampung. The data analysis used in this research was t-test and double regression. Based on the result of research data analysis it can be included that there is a significant effect between the emotional quotient within social interaction, principal supervision, and achievement motivation towards teaching quality of the teachers in SMA of Bandar Lampung City. The research result among the three observed variables, the highest effect toward the teaching quality teachers is the emotional quotient variable within the social interaction which is 51,22%, the achievement motivation is 35,80% and the principal supervision is 12,98% as the last variable.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan Emosional dalam Interaksi Sosial, persepsi tentang supervisi kepala sekolah, motivasi berprestasi terhadap kinerja mengajar guru SMAN di Kota Bandar lampung. Analisis data yang digunakan adalah uji t dan regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional dalam interaksi sosial, persepsi tentang supervisi kepala sekolah, motivasi berprestasi terhadap kinerja mengajar guru SMA Negeri Kota Bandar Lampung. Hasil penelitian dari ketiga variable yang diteliti pengaruh terbesar pada kinerja mengajar guru adalah variabe kecerdasan emosional dalam interaksi sosial sebesar 51,22%, kemudian variabel motivasi berprestasi sebesar 35,80% dan terakhir variable supervisi kepala sekolah dengan 12,98%.

Kata kunci: kecerdasan emosional, kinerja mengajar, motivasi berprestasi, supervisi kepala sekolah


Full Text:

PDF

References


Agustian, Ary Ginanjar. 2002. Rahasia Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual: Emotional Spiritual Quotient (ESQ) Berdasarkan 6 Rukun Iman dan 5 Rukun Islam. Jakarta: Arga.

Baron, Robert A. 1992. Psychology. Boston: Allyn and Bacon.

Campbell, Linda. 1996. Teaching and Learning Through Multiple Intelligences. Massachusetts: A Simon and Schuster Company.

Carlson, Neil R. 1992. Foundation of Physiological Psychology. Boston: Ally and Bacon.

Goleman. 1996. Emotional Intellegence. Diterjemahkan oleh Hermaya. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hills, Napoleon. 1995. 17 Prinsip Menggapai Prestasi Gemilang. Bandung: Multi Media.

Thoha, Miftah. 2010. Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: CV. Rajawali.

Robbins, Stephen R. 2008. Organizational Behaviour. San Diego: Prentice/Hall International Inc.

Segal, Jeanne. 2001. Raising Emotional Intellegence. Diterjemahkan oleh Dian Paramesti Bahar. Jakarta: Citra Aksara.

Sukari. 1999. Studi Korelasi Antara Persepsi Widyaiswara Terhadap Jabatannya dan Motivasi Berprestasi Dengan Kinerja Widyaiswara, Jurnal Teknologi Pendidikan. Nomor 1, Desember 1999.

Timpe, Dale. 1998. The Art and Science of Businness Management Performance. New York: KEND Publishing Inc.

Winardi. 2008. Motivasi Pemotivasian dalam Manajemen. Jakarta: Rajawali Pers.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjss.v3i4.10523

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia