LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI SOSIAL MATA PELAJARAN GEOGRAFI

Masir Ibrahim, Pargito Pargito, Trisnaningsih Trisnaningsih

Abstract


The purposes of this research were to produce student worksheet in developing social values in geography subject so it can be used as learning resource in geography subject and determine the effectiveness of the use of students worksheet in the developing social values in geography learning. This research used the steps from Dick and Carry Development Design. The result of data analysis showed that the effectiveness of learning in experiment class using students worksheet is more effective than the control class significantly. The increasing average in experiment class is higher (14,86) than the control (9,71) class. Analysis using t-test showed that t-count > t tabel (alpha 0,05). Thus, it can be concluded that experiment class which used students worksheet in geography subject, has higher achievement than the control class.

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan lembar kerja peserta didik (LKPD) dalam penanaman nilai-nilai sosial pada mata pelajaran geografi sehingga dapat digunakan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran geografi dan mengetahui efektivitas penggunaan lembar kerja peserta didik (LKPD) dalam penanaman nilai-nilai sosial dalam pembelajaran geografi. Desain pengembangan mengikuti langkah-langkah Dick and Carey. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa efektifitas pembelajaran kelas eksperimen menggunakan bahan ajar Lembar Kerja Peserta Didik lebih efektif dari pada kelas kontrol secara signifikan. Rata-rata hasil belajar kenaikan kelas eksperimen lebih tinggi (14,86) dari pada kelas kontrol (9,71). Analisis menggunakan t-test diperoleh t-hitung > t-tabel (alpa 0,05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kelas eksperimen yang menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik Geografi, memperoleh hasil belajar lebih tinggi daripada kelas kontrol.

Kata kunci: lembar kerja peserta didik geografi, pengembangan, penanaman nilai-nilai sosial


Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2005. LKPD Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Cunningsworth, A. 2001. Choosing Your Course Book. Oxford: Heinneman.

Daryanto dan Darmiatun. 2013. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Malang: Gava LKPD.

Depdiknas, 2008. Panduan Pengembangan Materi Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Management Pendidikan Dasar dan Menengah.

Hornby A.S. 1974. Oxford Advanced Learners Dictionary. New York: Oxford University Press.

Kemdiknas. 2013. Nomor 69 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas /Madrasah Aliyah bahwa Nilai Sosial atau Sikap Sosial. Jakarta: Kemdiknas.

Kemendikbud. 2011. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Pedoman Sekolah. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.

Koentjaraningrat. 2010. Metode dan Penelitian Masyarakat. Jakarta: Pustaka Jaya.

Mardiatmadja B.S. 2006. Tantangan Dunia Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Sony. 2013. LKPD Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sulaiman. 2002. Struktur Sosial dan Nilai Budaya Masyarakat Pedesaan. Yogyakarta: APD.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjss.v3i3.10347

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia