PEMBELAJARAN TARI SIGEH PENGUNTEN MENGGUNAKAN METODE LATIHAN PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER

Dewi Yunita, Fitri Daryanti, Susi Wedhaningsih

Abstract


The problem in this research was how the learning outcome of sigeh penguten dance in extracurricular activities in state junior high school 21 Bandar Lampung using exercise method. This study aimed to describe the learning process in student activity with assessment and observation form of student learning process by using an exercise method and to find out the students learning out comes in from of practice test after the learning process of sigeh penguten dance in extracurricular activities. Data collecting techniques that were used were participant observation (participation), interviews, documentation, and practice. Exercise method is a way of teaching in which students carry out exercise activities, so that students have higher dexterity or skill than what has been learned. Learning out comes of sigeh penguten dance by using an exercise method showed that the average of all aspects of sigeh penguten dance got a good criteria with an average percentage of 81%.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil belajar tari sigeh penguten pada kegiatan ekstrakurikuler di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 21 Bandar Lampung menggunakan metode latihan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran berupa penilaian aktivitas siswa dan hasil pengamatan proses belajar siswa dengan menggunakan metode latihan serta mengetahui hasil belajar siswa berupa tes praktik setelah proses pembelajaran tari sigeh penguten dalam kegiatan ektrakurikuler. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi berperan serta (partisipasi), wawancara, dokumentasi dan tes praktik. Metode latihan adalah suatu cara mengajar dimana siswa melaksanakan kegiatan-kegiatan latihan, agar siswa memiliki ketangkasan atau keterampilan yang lebih tinggi dari apa yang telah dipelajari. Hasil pembelajaran tari sigeh penguten dengan menggunakan metode latihan menunjukkan bahwa rata-rata dari seluruh aspek penilaian tari sigeh penguten mendapat kriteria baik dengan rata-rata persentase 81%.

Kata Kunci: metode latihan, pembelajaran tari sigeh penguten, penilaian


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Fathoni, Abdurrahmad. 2011. Metodologi Penelitiandan Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta : Rineka Cipta

Genzuk, Michael. 2003. A Synthesis of Ethnographic Research Division of Anthropology American Musseum. Jakarta : Rineka Cipta

Nurgiantoro, Burhan. 2001. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: FPBS IKIP

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Seni dan Pembelajaran