MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DALAM PEMBELAJARAN TARI HALIBAMBANG DI SMA
Abstract
This study aimed to describe the process and learning outcomes by using TAI models on halibambang dance. Learning theory used in the research was the theory cognitivism. Data collection techniques used in this research were observation, interview, documentation, test practices and nontest as guide instrument. The stage of data analysis was done by data reduction, data presentation and verification or conclusion. Halibambang dance learning outcomes by using Team Assisted Individualization model could be seen in student assessment practice tests. Students were able to demonstrate the variety of halibambang dance according to the order of movement, a matter of motion and precision motion with the music as well as the average value of 80.3 criteria.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran tari halibambang menggunakan model TAI. Teori belajar yang digunakan pada penelitian adalah teori kognitivistik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara, dokumentasi, tes praktik dan nontes sebagai instrumen panduan. Tahap analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil pembelajaran tari halibambang dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization terlihat pada penilaian tes praktik siswa. Siswa mampu memperagakan ragam gerak tari halibambang sesuai dengan urutan gerak, hitungan gerak dan ketepatan gerak dengan musik serta nilai rata-rata 80,3 kriteria baik.
Kata kunci: belajar, model pembelajaran team assisted individualization (tai), tari halibambang
Full Text:
PDFReferences
Hadi, Sumandiyo Y. 2007. Kajian Tari Teks Dan Konteks. Yogyakarta: Pustaka Book Publizer.
Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Moleong, Lexy J. 1990. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rusman. 2013. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Sukmadinata, NS. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Yogyakarta: Laksana.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Jurnal Seni dan Pembelajaran