PEMBELAJARAN TARI MENGGUNAKAN TAHAPAN KOREOGRAFI PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMA NEGERI 1 KALIREJO

Rendri Feriana Lazorgi, Susi Wendhaningsih, Riyan Hidayatullah

Abstract


The formulation of problem in this research was how the activities dance lesson using coreography step in extracurricular activities in SMA Negeri 1 Klirejo, Central Lampung. This study used the theory of nonformal learning and coreography. This study used qualitative descriptive. Data collection techiques used observation, interview, and documentation. Choreography step were performed by using audio and visual step, exploration step, improvisation step, and formation step. The result of study used the coreography step showed 67 average scores for practice test that categorized to pass.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana efektivitas pembelajaran tari menggunakan tahapan koreografi pada kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Kalirejo. penelitian ini menggunakan teori pembelajaran nonformal dan koreografi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahapan koreografi yaitu menggunakan tahap media audio visual, tahap eksplorasi, tahap improvisasi, dan tahap pembentukan. Hasil belajar siswa menggunakan tahap koreografi sudah ditunjukkan dengan rata-rata nilai tes praktik siswa 67 dengan kriteria lulus.


Kata Kunci : kegiatan ekstrakurikuler, pembelajaran tari, tahapan koreografi


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian. Suatu Pendekatan Prkatik. Jakarta: Rineka Cipta.

Hadi, Y. S. 2012. Koreografi (Bentuk-Teknik-Isi). Yogyakarta : Cipta Media

Hamalik, O. 2014. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kualitatif dan kualitatif. Bandung : Alfabeta

Suryosubroto, B. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta : Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Seni dan Pembelajaran