PEMBELAJARAN TARI HALIBAMBANG PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMP NEGERI 2 BAKAUHENI
Abstract
The purpose of this research was to describe the process and learning outcome of
halibambang dance on Extracurricular activity at SMPN 2 Bakauheni. This type of
research was qualitative descriptive. Source of data in this study were teachers, 10
students, and halibambang dance. Data collection technique that were used are
observation, interview, documentation, and testing practice. The application of the
demonstration method and students activity were done well by teacher and students
in accordance with the stages contained. The results of assessment practice test based
on memorizing aspects of motion got an average value of 92. While accuracy aspect
of Motion with Music got an average value of 60. So the overall average score got 76
with good criteria because students were able to demonstrate halibambang dance
using music properly.
Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran
tari halibambang pada kegiatan Ekstrakurikuler di SMP Negeri 2 Bakauheni. Jenis
penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian
ini adalah guru, 10 siswi, dan tari halibambang. Teknik pengumpulan data yang
digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes praktik. Penerapan
metode demonstrasi dan aktifitas siswa terlaksana dengan baik oleh guru dan siswa
sesuai dengan tahap-tahap yang terkandung. Hasil penilaian tes praktik berdasarkan
aspek Hafalan ragam Gerak mendapat rata-rata nila 92, sedangkan aspek Ketepatan
Gerak dengan Musik mendapat rata-rata nilai 60. Jadi rata-rata nilai secara
keseluruhan mendapat 76 dengan kriteria baik karena siswa mampu memeragakan
tari halibambang menggunakan musik dengan baik dan benar.
Kata kunci : ekstrakurikuler, metode demonstrasi, dan tari halibambang,
halibambang dance on Extracurricular activity at SMPN 2 Bakauheni. This type of
research was qualitative descriptive. Source of data in this study were teachers, 10
students, and halibambang dance. Data collection technique that were used are
observation, interview, documentation, and testing practice. The application of the
demonstration method and students activity were done well by teacher and students
in accordance with the stages contained. The results of assessment practice test based
on memorizing aspects of motion got an average value of 92. While accuracy aspect
of Motion with Music got an average value of 60. So the overall average score got 76
with good criteria because students were able to demonstrate halibambang dance
using music properly.
Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran
tari halibambang pada kegiatan Ekstrakurikuler di SMP Negeri 2 Bakauheni. Jenis
penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian
ini adalah guru, 10 siswi, dan tari halibambang. Teknik pengumpulan data yang
digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes praktik. Penerapan
metode demonstrasi dan aktifitas siswa terlaksana dengan baik oleh guru dan siswa
sesuai dengan tahap-tahap yang terkandung. Hasil penilaian tes praktik berdasarkan
aspek Hafalan ragam Gerak mendapat rata-rata nila 92, sedangkan aspek Ketepatan
Gerak dengan Musik mendapat rata-rata nilai 60. Jadi rata-rata nilai secara
keseluruhan mendapat 76 dengan kriteria baik karena siswa mampu memeragakan
tari halibambang menggunakan musik dengan baik dan benar.
Kata kunci : ekstrakurikuler, metode demonstrasi, dan tari halibambang,
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2008. Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara
Mustika, I.W. 2012. Tari Muli Siger. Anugrah Utama Raharja: Bandar Lampung.
Sudirman. 2008:1. Pendidikan Nasional. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta.
Sumantri. 2001: 133. Pengenalan Metode Demonstrasi dan Eksperimen. Rineka Cipta: Jakarta.
Tim, 10: 2001. Pengenalan Tari Halibambang. Lampung.
Unno.2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:Bumi Aksara
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Jurnal Seni dan Pembelajaran