PEMBELAJARAN GERAK TARI BEDANA MENGGUNAKAN METODE IMITASI DI TK FRANSISKUS 01 BANDAR LAMPUNG

Geby Finka Rani, Fitri Daryanti, Agung Kurniawan

Abstract


The research was aimed to describe the using imitation method in the learning motion bedana dance at TK Fransiskus 01 Bandar Lampung. This research used a qulitative method and the teacher and students were the sources of data. Technique used to collect the data in this research are observation, interviews, documentation and non-test. The imitation method used a way ngede, and anture imitation. The results showed the students were able to demonstrate gross motor and fine motor skills that teacher had tought.

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan proses metode imitasi dalam pembelajaran gerak tari bedana di TK Fransiskus 01 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan sumber data guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan nontes. Metode imitasi yang digunakan adalah dengan cara ngede, dan pengimitaasian alam. Hasil penelitian menunjukan siswa sudah mampu memeragakan gerak motorik kasar dan halus sesuai dengan gerak yang
diajarkan oleh guru.


Kata kunci : gerak, metode imitasi, pembelajaran, tari bedana,


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Firmansyah. 1996. Mengenal Tari Bedana. Bandar Lampung

Kamtini. 2005. Bermain Melalu Gerak Dan Lagu di taman Kanak Kanak. Jakarta: Pembinaan pendidikan tenaga kependidikan dan ketenagaan perguruan tinggi

Masitoh. 2007. Strategi Pembelajaran Di TK. Jakarta: Universitas Terbuka.

Margono, S. 2010. Metedologi Penelitian Pendidikan. Jakarta. Renika Cipta

Rahmi. 2008. Keterampilan Musik Dan Tari. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Seni dan Pembelajaran